fbpx

Pemkab Bone Genjot Penentuan Tapal Batas Kawasan Kehutanan

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – BONE Wujudkan kepastian hukum terhadap tata letak wilayah kehutanan. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bone, Sulawesi Selatan (Sulsel) genjot penentuan tapal batas.

Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle menuturkan, hal ini memang sangat penting dilakukan agar bagaimana masyarakat mendapatkan kepastian terkait dengan kepemilikan tanahnya. Sehingga memiliki kepastian hukum.

Maka dari itu ia mengundang pertanahan dan kehutanan agar bisa memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebelum dikeluarkan keputusan ini ada surat gubernur isinya tentang percepatan revisi tata ruang wilayah.

“Jadi yang paling perlu di buat itu adalah tapal batas yang berhimpit dengan kawasan kehutanan,” ucapnya pada Rapat Koordinasi Penentuan tata batas untuk wilayah pesisir Bajoe dan sekitarnya, di Kantor Dinas Perkimtan Bone, Selasa (24/1/2023).

Ia mengatakan, hal itu sangat penting ditentukan yang mana patok batasnya. Agar nanti batas tersebut tidak dilewati oleh masyarakat sekitar.

“Kita segera mencarikan alokasi anggaran untuk pembentukan tim penentuan tapal batas ini,” katanya.

Ambo Dalle menambahkan, untuk kepastian hukum dari tanah masyarakat tersebut akan difasilitasi oleh Pemda Bone.

“Sehingga masyarakat nantinya bisa diberikan kepastian hukum, jika tapal batas itu bisa ditentukan,” ucapnya.

Sementara Sekertaris Dinas (Sekdis) Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kabupaten Bone, Andi Muhammad Faizal menuturkan, percepatan penentuan tapal batas untuk penentuan kawasan hutan menjadi bukan kawasan hutan.

“Itu sesuai dengan SK Kementerian tentang perubahan kawasan hutan menjadi bukan kawasan hutan sekitar 91337 hektare dan menentukan bukan kawasan hutan menjadi menjadi kawasan hutan yang luasnya kurang lebih 1838 hektare di Sulsel,” bebernya.

Atas dasar itu pihaknya menindaklanjuti hal tersebut dan memperjelas mengenai titik pasti lokasi yang dimaksud yang nantinya akan ada tim penentuan tapal batas terkait ini.

“Jadi tim inilah yang menentukan yang mana keluar dan masuk kawasan kehutanan. Untuk Bone ada di daerah Bajoe dan sekitarnya, daerah Pallete, daerah Pattiro, dan daerah Kadai Kecamatan Mare,” tandasnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tak Ingin Jadi Penonton, Hanura Bakal Dorong Kader Terbaiknya di Pilkada Enrekang

ZONAKATA.COM - ENREKANG  Jelang perhelatan Pilkada serentak pada 27 November 2024, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang, tidak...

Berita Lain