fbpx

Panen Perdana Sayuran, Kadis Asman Pacu Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – BONE. Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bone, Andi Asman Sulaiman, melaksanakan panen perdana sayuran di Desa Awo, Kecamatan Cina, Jumat (15/5).

Panen perdana sayuran di desa Awo itu, merupakan program percontohan dari Dinas Ketahanan Pangan yang kini digalakkan di lima kecamatan yakni Kecamatan Barebbo, Awangpone, Sibulue, Palakka serta Kecamatan Cina.

Panen Perdana Sayuran, Kadis Asman Pacu Warga Manfaatkan Pekarangan Rumah
Panen perdana sayuran di Desa Awo, Kecamatan Cina

Menurut Andi Asman, bahwa disetiap kecamatan itu masing-masing ada lima desa yang dijadikan percontohan untuk memanfaatkan pekarangan rumah. Kegiatan ini mulai dilaksanakan sejak Januari 2020 lalu.

“Dalam program ini, kami mendorong Kelompok Wanita Tani (KWT) untuk memanfaatkan pekarangan rumah. Ini akan menahan pengeluaran dan bisa menjadi penghasilan tambahan bagi mereka,” ungkap Asman.

Dikatakan selama ini sayur mayur berasal dari kota yang dijual ke desa. Jika setiap warga di desa kembali melestarikan penanaman sayur di pekarangan rumah. Maka tidak menutup kemungkinan sayur yang ada di desa kembali dijual ke kota.

“Kami akan programkan desa mandiri yang tidak memiliki ketergantungan dari daerah lain. Kalau perlu kita yang ekspor hasil tanaman kita,” ucapnya.

Kini Kadis Asman bersama jajaran di Dinas Ketahanan Pangan Bone terus bergerak mengedukasi masyarakat untuk produktif dengan memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang dimiliki.

“Hasilnya bisa untuk dikonsumsi sendiri dan juga bisa dijual. Hal ini tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat”. pungkasnya.**

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Badan Adhoc untuk Pilkada 2024 Bakal Direkrut Ulang

ZONAKATA.COM - JAKARTA Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal merekrut ulang petugas badan adhoc.Badan adhoc...

Berita Lain