fbpx

Obyek Wisata Sarira Tana Toraja Ditutup, Fasilitas Hilang-Muncul Kecemburuan Antara Pribumi

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Obyek Wisata Sarira di Kelurahan Sarira, Kecamatan Makale Utara, Tana Toraja hingga kini belum dibuka untuk umum, Jumat (21/4/2023).

Meski begitu sudah banyak warga yang datang ke destinasi wisata baru ini.
Namun akibat tak adanya pengawasan, menimbulkan berbagai masalah.

Obyek Wisata Sarira Tana Toraja Ditutup, Fasilitas Hilang-Muncul Kecemburuan Antara Pribumi

Seperti beberapa fasilitas obyek wisata rusak bahkan hilang, juga mulai menimbulkan kecemburuan sosial antara masyarakat setempat.

“Fasilitas ada yang hilang, seperti lampu, ada juga yang rusak. Di sana juga mulai ada kecemburuan antara warga setempat, karena ada yang berjualan dilokasi obyek wisata,” kata Kadis Pariwisata Tana Toraja, Adelheid Sosang.

Adelheid menegaskan, warga yang berjualan tersebut bukan atas ijin dari pemerintah.

Warga yang berjualan kata dia, mengaku mendapat ijin dari salah seorang pengawas proyek obyek wisata Sarira.

“Awalnya teman-teman (Dispar) berkunjung ke sana, dan sudah ada penjual, pas ditanya siapa yang berikan izin menjual katanya pengawas,” ujarnya.

Akibat berbagai masalah ini, kunjungan ke Sarira ditutup. Warga juga dilarang berjualan.

Di jalan masuk obyek wisata juga sudah terpajang pengumuman yang bertuliskan ‘Untuk Sementara Dilarang Masuk ke Kawasan Pariwisata’.

Upaya ini dilakukan untuk mengantisipasi masalah kembali terjadi. Namun, merespon banyaknya jumlah kunjungan, Pemda segera membuat portal dan pos tiket.

“Untuk sementara ditutup karena takut fasitas bagaimana-bagaimana, apalagi belum ada petugas yang bertugas di sana. Tahun ini baru di anggarkan pos penjagaan dan portal begitu juga dengan listrik serta air,” jelasnya.

“Sebenarnya tidak masalah cuman kalau tidak ditertibkan nanti bikin masalah lagi, saya sudah kordinasi pimpinan soal sudah banyak sekali pengunjung, hitung-hitung kan PAD, cuman itu belum ada pos dan sarana pendukung lainnya,” pungkasnya.

TOM/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tak Ingin Jadi Penonton, Hanura Bakal Dorong Kader Terbaiknya di Pilkada Enrekang

ZONAKATA.COM - ENREKANG  Jelang perhelatan Pilkada serentak pada 27 November 2024, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang, tidak...

Berita Lain