fbpx
32 C
Makassar
Rabu, 10 Agustus 2022

Puncak HUT ke 14 Toraja Utara, Bupati Ombas Minta ‘Banyak’ ke Gubernur Sulsel

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Setelah ditunda, akhirnya puncak perayaan HUT ke- 14 Kabupaten Toraja Utara dapat digelar di Lapangan Bakti, Kecamatan Rantepao, Kamis (4/8).

Diketahui HUT Toraja Utara diperingati tanggal 21 Juli setiap tahunnya, namun pada tahun ini baru dirayakan tanggal 4 Agustus 2022 dikarenakan menunggu kesiapan kehadiran Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

Puncak HUT ke 14 Toraja Utara, Bupati Ombas Minta ‘Banyak’ ke Gubernur Sulsel

Setelah rangkaian acara defile dari dinas/OPD dan Kecamatan, drumband dan ibadah, dilanjutkan atraksi budaya penyambutan Gubernur Andi Sudirman Sulaiman bersama rombongan Pemerintah Provinsi Sulsel.

Hadir para tamu undangan yakni Bupati Tana Toraja, Theofilus Allorerung, Wakil Walikota Parepare, H. Pangerang Rahim, Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong, Wabup Tana Toraja, dr Zadrak Tombeg, Asisten I Sekprov Sulsel, Tautoto Tana Ranggina, jajaran Kepala OPD Sekprov Sulsel yang sempat hadir, Direktur Utama Bank Sulselbar, Anggota Komisi X DPR RI Fraksi Nasdem, Eva Stevany Rataba, Anggota DPRD Sulsel Fraksi Golkar, John Rende Mangontan dan Fraksi Demokrat, Jufri Sambara, jajaran Forkopimda dan Anggota DPRD Toraja Utara, serta tamu undangan.

- ADS -

Puncak HUT ke 14 Toraja Utara, Bupati Ombas Minta ‘Banyak’ ke Gubernur Sulsel

Bupati Toraja Utara, Ombas sapaan Yohanis Bassang mengawali sambutannya mengaku bangga atas kehadiran Gubernur Sulsel dan berterima kasih atas bantuan keuangan kepada pemerintah daerah sebesar 20 Miliar untuk membiayai 4 ruas jalan provinsi.

Ombas memohon di HUT ke-14 ini agar Gubernur Andi Sudirman Sulaiman dapat memperhatikan dan melanjutkan kembali pembangunan ruas jalan Sa’dan-Batusitanduk dan poros Tikala-Pangala.

“Karena Toraja Utara lagi sayang-sayangnya sama Bapak Gubernur, kami juga mohon anggaran untuk pembangunan jembatan Malango’ yang sekarang ini sudah pada tahap akhir penilaian dan perhitungan jumlah pembayaran tanah,” harapnya.

Ombas berharap agar Pemprov Sulsel dapat melanjutkan kembali tender untuk rencana pembangunan jembatan kembar Malango.

“Hibahkan juga aset yang ada di eks pasar Kalambe yang nanti akan kami bangun alun-alun kota yang dapat menjadi icon Toraja Utara, sebab syarat menjadi kabupaten sehat dan layak anak yaitu memiliki alun-alun kota untuk anak bermain,” ungkap Ketua Partai Golkar Toraja Utara itu.

Diakhir sambutannya, Bupati Ombas menyebut pesan dan harapan masyarakat Toraja Utara sekaligus oleh-oleh buat Gubernur Andi Sudirman Sulaiman agar dapat dibantu yakni 16 lokasi peningkatan jalan dan 3 pembangunan jembatan.

Dikatakan Ombas tidak begitu memaksa jika semua bantuan yang disebut tidak dapat dipenuhi Pemprov Sulsel, namun dapat diperhatikan dan dibantu.

“Masyarakat berharap perhatian dan kasih sayang, yang sudah dikerjakan Bapak Gubernur di Toraja Utara pasti akan dikenang, kehadiran Bapak semoga menjadi berkat bagi kita semua, dan mari penuh kasih dan pengabdian untuk masyarakat,” tutup Ombas.

Acara ditutup dengan penyerahan bantuan pembangunan gapura perbatasan Tana Toraja dan Toraja utara sebesar 388 juta, pemberian santunan ahli waris, serta ditutup ataraksi budaya si’ semba asal Baruppu dan musik bambu serta paduan suara. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

BPKA: Rel Kereta Api At Grade Aman dari Banjir dengan Q.50 Tahun

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Kekhawatiran Walikota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto bahwa dengan meneruskan konsep perencanaan rel kereta api (KA)...

Berita Lain

- Advertisement -