fbpx

Mengintip Peluang Petahana di Dapil 4 Tana Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menjadi partai yang memiliki suara terbesar pada Pemilu legislatif (Pileg) 2019 lalu di Daerah Pemilihan (Dapil) 4 Tana Toraja.

Dari 19.317 suara sah di dapil 4 yang meliputi Kecamatan Saluputti, Bittuang Masanda dan Kurra ini, partai besutan Megawati Soekarnoputri ini meraih 4,071 suara. Kursi pertama dari dapil 4 ini pun menjadi milik PDI Perjuangan.

Posisi kedua ditempati Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dengan 2.949 suara, Partai Golkar dengan 2.751 suara diposisi ketiga, disusul Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dengan 2.270 suara, kemudian Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) diposisi ke lima dengan 1.879 suara.

Kelima parpol tersebut diatas berhasil mengunci masing-masing 1 kursi dari 5 kursi yang tersedia di dapil 4. Sedangkan untuk caleg yang meraih suara terbanyak dari dapil 4 adalah Welem Sambolangi (Golkar) dengan 2.170 suara.

Kemudian Semuel Pali’ Tandirerung dari Partai Nasdem dengan 1.832 suara, disusul Christian Talebong dari PDIP dengan 1.697 suara, Yakobus Tonglo Langi’ dengan 1.475 suara dan Yunus Retu Tandililing dengan 989 suara.

Pada Pileg 2019 lalu hanya ada 10 parpol yang memiliki caleg di dapil 4. Lima parpol diantaranya tidak berhasil meraih kursi seperti Partai Demokrat yang hanya meraih 1.759, Perindo meraih 1.294 suara, PKPI 1.132 suara dan Partai Garuda 985 suara.

Yang menarik pada Pileg 2024 nanti, dipastikan peraih suara terbanyak dari dapil 4, Welem Sambolangi tidak maju lagi. Ketua DPRD Tana Toraja tiga periode ini memutuskan maju sebagai calon anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan Sulawesi Selatan III.

Untuk itu, persaingan para petahana yang kembali maju akan lebih ringan. Meski begitu, para penantang tidak bisa dipandang sebelah mata oleh petahana. Belum lagi sejumlah parpol yang tidak memiliki kursi juga mengincar kursi di dapil itu. Sebut saja Partai Demokrat.

Apalagi dari 16 parpol yang telah mengusulkan bakal calon legislatif (Bacaleg) ke KPU Tana Toraja hanya dua partai yang tidak memiliki caleg di Dapil 4 yakni Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN).

PDI Perjuangan dan Golkar Optimis Pertahankan Kursi

Ketua DPC PDI Perjuangan Tana Toraja, Yohanis Lintin Paembongan mengaku optimis kursi dari dapil 4 dapat dipertahankan. Pasalnya selain meraih suara terbanyak pada Pileg 2019 lalu, PDI Perjuangan menempatkan caleg-caleg yang potensial termasuk petahana.

“Kami optimis PDIP akan mempertahankan kursi didapil 4. Caleg yang ada akan bergotong-royong untuk mengamankan satu kursi,” ungkapnya.

Hal sama diungkapkan Welem Sambolangi, Ketua DPRD Tana Toraja. Meski tidak lagi maju sebagai caleg didapil 4 namun ia optimis Partai Golkar tetap meraih satu kursi. Karena menurutnya, dengan tidak maju lagi maka caleg Golkar yang ada akan berlomba meraup suara sebanyak mungkin.

“Akan menjadi spirit bagi mereka (Caleg Golkar Dapil 4) untuk meraih suara sebanyak mungkin karena peluang mereka semua sama apalagi incumbent tidak ada,” bebernya.

Anjas/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TSM Resmikan Posko Induk HSL Special Force’s

ZONAKATA, PAREPARE – Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid (TSM) hadir dan meresmikan langsung Posko Induk HSL Special...

Berita Lain