fbpx
22 C
Makassar
Selasa, 28 September 2021

Melihat Pesona ‘Goa Sullukan’ Yang Akan Segera Dibenahi Pemerintah

Populer

- ADS -

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Goa Sullukkan merupakan sebuah Goa alam yang eksotik, dimana lokasi wisata ini terletak berhadapan dengan Objek Wisata mata air panas Makula, Dusun Wala, Lembang Tokesan, Kecamatan Sanggala Selatan, Tana Toraja.

Goa ini dikenal sebagai destinasi wisata yang cukup tersembunyi namun memiliki keindahan dan mitos menarik yang akan membuat para pengunjung semakin tertarik dan penasaran. Keindahan Goa Sullukan ini karena adanya aliran sungai pada dasar Goa, sedangkan pada tingkatan kedua terdapat hamparan datar batu berpetak-petak yang terbentuk secara alami seperti miniatur.

Ini seperti miniatur yang menggambarkan peta atau dena sawah masyarakat yang ada dilokasi itu. Keeksotikan Goa ini ditambah dengan adanya stalaktit berbentuk bulir-bulir padi kekuning-kuningan, menjuntai indah dari tingkat kedua di dalam Goa. Untuk naik, pengunjung harus memanjat dari sisi kanan dinding Goa.

Kedalaman Goa yang dihuni oleh kelelawar endemik ini diperkirakan sekitar 200-300 meter. Namun pada musim padi mulai berbuah, pengunjung dilarang masuk ke dalam Goa. Konon, jika ada orang yang masuk kedalam Goa maka akan mengusik ketenangan kelelawar yang ada dalam Goa itu. Karena kelelawar penghuni Goa Sullukan ini, kabarnya memiliki kebiasaan seperti tikus yang suka merusak tanaman padi milik warga.

Sungai yang mengalir dalam goa juga terdapat banyak ikan dan belut besar (Masapi). Untuk menangkap ikan dan belut itu, syaratnya tidak boleh ada uang dikantong. Jika ada, biasanya pa’dan (zonk). Pengunjung tidak perlu takut masuk karena goa ini bukanlah kuburan, yang penting membawa alat penerang yang cukup.

Rencanannya tahun ini objek Goa Sullukan ini akan mulai dibenahi oleh Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata. Rencananya jalan menuju mulut goa akan diperbaiki termasuk pembangunan sejumlah fasilitas umum ditempat itu.

📷 istimewa

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Relawan RAAS Tana Toraja Siap Dukung Mantan Mentan Pimpin Bangsa

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Relawan Andi Amran Sulaiman (RAAS) mulai terlihat dan terbentuk di beberapa daerah, termasuk wilayah...

Berita Lain

- Advertisement -