fbpx
27 C
Makassar
Sabtu, 22 Januari 2022

Mantan Pjs Bupati Amson Beri Materi Bimtek dan Diklat Protokoler Setda Toraja Utara

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Pemerintah Kabupaten Toraja Utara Bagian Prokopim Setda mengelar pelatihan Bimbingan Teknis (Bimtek) serta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Protokoler di Ruang Pola lantai Kantor Bupati eks hotel Marante, Senin (20/9).

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang, SE., M.Si membuka kegiatan Bimtek dan Diklat dihadapan para peserta dari pegawai OPD masing-masing.

Dalam sambutannya, Yohanis Bassang menyampaikan sesuai Undang-undang Nomor 09/2010, Keprotokolan merupakan rangkaian kegiatan yang berkaitan dengan aturan dalam acara kenegaraan atau acara resmi yang meliputi tata tempat, tata upacara, tata penghormatan.

Mantan Pjs Bupati Amson Beri Materi Bimtek dan Diklat Protokoler Setda Toraja Utara - Zonakata.com

Yang dianggap sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang sesuai dengan jabatan dan kedudukannya dalan negara, pemerintahan dan masyarakat.

“Kepala daerah merupakan simbol daerah maka itu seorang protokoler harus berilmu, berpenampilan, lincah dan tahu mengatur segala sesuatunya, serta pemberi semangat dan spirit dan lebih banyak implementasi,” ujarnya.

Yohanis Bassang sering disapa Ombas itu menyampaikan kegiatan sangat penting digelar karena bagian protokoler akan mengatur jadwal kegiatan pimpinan dan senantiasa mengingatkan bila ada aturan-aturan pemakaian atribut dan mengarahkan pimpinan pada setiap kegiatan serta memperhatikan hal-hal yang kecil tapi dampaknya sangat besar.

- ADS -

Sebagai narasumber Kepala Dinas Kominfo Statistik dan Persandian Provinsi Sulawesi Selatan, Amson Padolo,S.Sos, M.Si mengatakan Protokol merupakan hal sangat krusial dalam tata kelola pemerintahan, seorang protokol punya wawasan yang luas dan mengetahui siapa audiens yang hadir pada kegiatan serta menyusun dan mengetahui jadwal kegiatan.

Lanjut Amson sekaligus mantan Pjs Bupati Toraja Utara itu menyampaikan maksud dan tujuan kegiatan untuk meningkatkan kualitas SDM, ilmu dan keahlian seseorang seperti kaidah protokol yang mengatur tata cara berhubungan dengan seseorang, lembaga atau negara disertai aturan, kebiasaan dan etika yang bertujuan agar kegiatan sesuai tata aturan dan tujuan.

Narasumber kedua yakni Komandan Kodim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Amril H Tehupelasury SIP, memberi materi tentang tiga tahap yang harus dilakukan protokoler, yaitu perencanaan atau persiapan, Pelaksanaan dan pengakhiran dengan unsur- unsurnya.

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong turut hadir bersama para Staf Ahli dan Kepala OPD/Dinas.

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Kemenag Sulsel Juara 1 Turnamen Bulutangkis Korpri Cup I 2022

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi-Selatan, Andi Sudirman Sulaiman hadir meyaksikan pertandingan final Turnamen Bulutangkis KORPRI Cup...

Berita Lain

- Advertisement -