fbpx
25 C
Makassar
Kamis, 28 Oktober 2021

Lestarikan Tradisi Toraja, Lomba Gora-Gora Tongkon di Acara Toraja Higland Festival

Populer

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Toraja Highland Festival dalam rangkaian acara banyak menyelenggarakan beragam lomba di Lapangan Bakti Rantepao.

Salah satunya lomba gora-gora Tongkon tingkat SLTP. Gora-gora Tongkon yaitu Tominaa Bakaa adalah pengungkapan kata yang dinamakan Tantanan Kada, sering disebut pula Kada-kada Tominaa.

Bagi warga Toraja gora-gora Tongkon digunakan pada kegiatan adat prosesi penguburan atau Rambu Solo’ yang melekat pada adat dan istiadat Toraja.

- ADS -

Acara tak kalah menarik tersebut di dikuti pelajar tingkat SLTP sederajat dipusatkan di Lapangan Bakti Rantepao dengan dewan juri Arnold Souisa dan Marselinus Dua Lembang.

Lomba gora-gora Tongkon diikuti peserta yang berasal dari SLTP yang ada di Toraja Utara dan dan berlangsung pada Jumat (8/10/2021).

Setelah mengikuti lomba dan penilaian dewan juri, panitia Toraja Highland Festival menetapkan para juara dan diberi hadiah oleh Bupati Yohanis Bassang dan Dandim 1414 Tana Toraja, Letkol Inf. Amril Hairuman Tehupelasury pada closing ceremony THF 2021, Sabtu (9/10/2021) malam.

Adapun juara- juara telah diumumkan lebih awal yaitu juara 1 Valkon Lolopayung dari SMPN 1 Sa’dan, juara 2 Nobertus Pakambi dari SMPN 2 Satap dan juara 3 Resky Anugerah dari SMP 1 Buntu Pepasan serta juara 4 Jufri Marthen Tonda dari SMP 1 Buntu Pepasan.

Event Toraja Highland Festival digagas oleh Masyarakat Sadar Wisata (Masata) dan Geopark Toraja yang bekerjasama dengan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemerintah Kabupaten Toraja Utara, didukung penuh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia.

Ketua Masata Toraja Utara, Damayanti Batti menyampaikan selamat kepada peserta gora-gora Tongkon yang telah mengikuti lomba dan meraih juara.

“Selamat kepada peserta yang ikut dan telah juara, saya berharap dengan kegiatan tradisional seperti ini sering diperlombakan untuk melestarikan tradisi Toraja,” ujarnya.

Menurut Damayanti yang juga Wakil Ketua Dekranasda Toraja Utara bahwa, tradisi adalah aset budaya yang harus dilestarikan dan akan menjadi daya tarik wisata. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Tingkatkan Militansi, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Pendidikan Kader

ZONAKATACOM - TANA TORAJA Sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin partainya menatap pemilu 2024 . Salah satunya adalah PDI...

Berita Lain

- Advertisement -