fbpx
26 C
Makassar
Selasa, 15 Juni 2021

KPU Tana Toraja Lakukan Rekapitulasi Daftar Pemilih Berkelanjutan Periode Mei 2021

Populer

- ADS -

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tana Toraja melaksanakan rapat koordinasi internal rekapitulasi data pemilih berkelanjutan (DPB) periode Mei 2021.

Digelar di Rumah Pintar Pemilu KPU, rapat dibuka oleh Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Tana Toraja, Alexander Kambuno.

Dilanjutkan penjelasan proses Pemutakhiran Daftar Pemilih Berkelanjutan Tahun 2021 oleh Ketua Divisi Perencanaan, Data dan Informasi KPU Tana Toraja, Intan Parerungan. Rapat tersebut dihadiri Komisioner, Sekretaris, Kasubag dan Staf Sekretariat KPU Tana Toraja.

Rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan ini dilaksanakan sesuai surat KPU RI nomor 366/PL.02-SD/01/KPU/IV/2021 tanggal 21 April 2021 perihal Perubahan Surat Ketua KPU RI Nomor 132/PL.02-SD/01/KPU/II/2021 perihal Pemutakhiran data Pemilih Berkelanjutan tahun 2021.

“Menjadi harapan bersama bahwa pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan akan menciptakan daftar pemilih yang berkualitas, akurat, transparan dan terupdate jika semua elemen masyarakat bisa berperan aktif untuk memutakhirkan daftar pemilih ini,” ungkap Intan.

Jadi, kata dia, bukan hanya peran kerja KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara, namun juga peserta pemilu dan Instansi terkait bahkan masyarakat sebagai pemilih.

Intan menambahkan, hasil rekapitulasi daftar pemilih berkelanjutan Tana Toraja untuk periode Mei sebanyak 175.233. Rinciannya, sebaran bertambahnya pemilih baru sebanyak 29 pemilih dan pemilih tidak memenuhi syarat karena meninggal dunia sebanyak 19 pemilih.

Sebagai infomasi, di periode Mei pemutakhiran daftar pemilih berkelanjutan juga mendapat tanggapan dan masukan dari berbagai pihak. Seperti dari Kementrian Agama Tana Toraja, berupa data pemilih pemula kategori Madrasah dan warga yang menikah dibawah usia 17 tahun.

Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IX berupa data pemilih pemula, Dandim 1414 Tana Toraja berupa data anggota TNI yang memasuki masa pensiun serta tanggapan dari masyarakat terkait pemilih meninggal dunia.

Toru/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Pemilu Presiden dan Legislatif Digelar 28 Februari, Pilkada Serentak 27 November 2024, Belum Final?

ZONAKATA.COM - JAKARTA Komisi II DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilihan umum telah menyepakati hari pemungutan suara Pemilihan Umum...

Berita Lain

- Advertisement -