fbpx
23 C
Makassar
Selasa, 7 Desember 2021

KPPN Makale Adakan Sosialisasi Peningkatan Akuntabilitas, Pengelolaan Kas dan Rekening

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Salah satu perwujudan nyata dari penerapan transparansi dan akuntabilitas adalah melalui penyusunan laporan keuangan pemerintahan yang relevan dan andal, yang disusun berdasarkan Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP) dan sistem akuntansi yang menyediakan prosedur pemrosesan transaksi sampai menjadi laporan keuangan.

Secara terminologi, Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) adalah laporan keuangan yang dibuat oleh Pemerintah Pusat dalam rangka transparansi dan pertanggungjawaban atas pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

LKPP ini sendiri merupakan konsolidasi dari seluruh Laporan Keuangan Kementerian Lembaga (LKKL) yang bersumber dari Laporan Keuangan Satuan Kerja.

Dalam rangka menjaga kualitas LKPP dimaksud, pada hari Kamis tanggal 18 November 2021, KPPN Makale menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Langkah-langkah Peningkatan Akuntabilitas Pengelolaan Kas dan Rekening secara virtual yang dihadiri oleh seluruh satker mitra kerja KPPN Makale.

Kegiatan ini merupakan langkah strategis sebagai tindaklanjut atas hasil audit BPK RI terhadap LKPP 2020 .

- ADS -

Diawali dengan keynote speech oleh Kepala KPPN Makale, Susilo Tri Anggono, yang menjelaskan pentingnya kegiatan ini agar dapat melakukan langkah-langkah strategis untuk memitigasi terjadinya temuan BPK.

Pada kesempatan ini pula, dalam rangka kelancaran pencairan APBN pada akhir Tahun Anggaran 2021, Kepala KPPN Makale mengingatkan satker untuk memperhatikan batas waktu penyampaian SPM maupun pendaftaran kontrak/ addendum kontrak agar tidak melebihi batas waktu yang telah ditetapkan dan diupayakan tidak terdapat permintaan dispensasi.

Disamping itu Kepala KPPN Makale juga meminta kepada Satker untuk berperan aktif dalam mesukseskan Implementasi Aplikasi SAKTI Full Modul yang ditandai dengan pembuatan SPM Gaji Bulan Januari 2022.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi reviu temuan BPK RI oleh Ibu parika selaku Kasi Veraki KPPN Makale, yang antara lain menjelaskan temuan BPK disertai penyebabnya, langkah untuk meminimalkan temuan BPK, arah kebijakan kedepan dengan penggunaan aplikasi SAKTI dalam pembukuan dan penyusunan LPJ Bendahara dan penerapan restrukturisasi pada rekening penerimaan.

Kemudian dilanjutkan paparan pengelolaan kas oleh staf Seksi veraki dan pengeloaan rekening oleh staf Seksi Bank. Point penting yang menjadi perhatian dalam pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain :

  • Penatausahaan kas yang baik oleh Bendahara dengan rutin melakukan rekonsiliasi antara pembukuan bendahara dengan keadaan fisik kas dalam rangka upaya menjaga akuntabilitas kas serta mengoptimalkan pengawasan dalam hal pemeriksaan kas oleh KPA/PPK
  • Pengelolaan rekening harus tertib mulai pembukaan, pelaporan saldo rekening setiap bulan, penutupan dan pelaporan rekening yang sudah tidak aktif serta tidak menggunakan rekening atas nama pribadi

Walaupun pada satker mitra kerja KPPN Makale tidak terdapat temuan hasil Audit BPK RI dimaksud pada Laporan Keuangan tahun 2020, namun diharapkan dengan kegiatan ini dapat menambah wawasan dan sebagai sarana pembelajaran satker dalam memitigasi terjadinya temuan di tahun 2021 sehingga mewujudkan kualitas penyajian laporan keuangan satker yang jauh lebih baik.

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Genjot Vaksinasi Covid-19, BIN Gandeng Pemkab Pinrang

ZONAKATA.COM - PINRANG Fokus percepatan vaksinasi Covid-19, Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Sulsel menggandeng Pemerintah Kabupaten Pinrang. Delapan Puskesmas...

Berita Lain

- Advertisement -