fbpx
26 C
Makassar
Rabu, 1 Desember 2021

Ketua KNPI Sulsel: Daerah Tumbuh Lebih Baik Jika Pemerintah Dukung Pemuda

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Malam Penganugerahan Pekan Pemuda oleh pengurus DPD II KNPI Toraja Utara digelar di panggung Expo UMKM di halaman Art Centre Rantepao, Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulsel, Sabtu (30/10) malam.

Ketua DPD I KNPI Sulsel, Nurkanita Maruddani Kahfi didampingi para Wakil Ketua Bidang menghadiri acara Malam Anugerah Pekan Pemuda sekaligus menikmati hiburan dari rangkaian acara penutupan Puncak Pekan Pemuda.

Turut hadir Sekretaris Jenderal (Sekjen) Perhimpunan Masyarakat Toraja Indonesia (PMTI), Dating Palembangan, Ketua Ikatan Keluarga Toraja (IKT) Yalimo sekaligus Sekretaris DPRD Yalimo, Estevanus Lolo Kassa, Ketua IKT Monokwari Appi Pakilaran, staf Senator DPD RI Lily Amelia Salurapa dan tamu undangan lainnya.

Hadir pula Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong didampingi istrinya, Damayanti Batti, Kepala Kejaksaan Negeri Tana Toraja, Erianto L. Paundanan, Sekda Rede Roni Bare dan Ketua MPI Toraja Utara Brikken Linde Bonting.

- ADS -

Nurkanita Maruddani Kahfi dalam sambutannya mengapresiasi DPD II KNPI Toraja Utara telah menyukseskan kegiatan Pekan Pemuda selama dua minggu kegiatan dan membantu pemuda mengembangkan bakat, terutama terlibat memulihkan perekonomian daerah dimasa pandemi Covid-19 lewat Expo UMKM.

“Pemudanya hadir kembali memulihkan perekonomian dengan mengembalikan aksentuasi nilai-nilai atau karya budaya yang kita angkat, karena ini sangat memberikan impact positif ketika kita mampu memaksimalkan kembali potensi pariwisata di Toraja,” ujarnya.

Lanjutnya sehingga peran pemuda dibutuhkan masyarakat dan pemerintah dalam hal pemulihan ekonomi di daerahnya.

“Kita tahu kehadiran pemerintah daerah memberikan kepedulian besar kepada pemuda maka, yakin daerah tersebut akan berkembang dan tumbuh lebih baik, tapi ketika pemda tidak memberi ruang atau berpartisipasi besar pada pemudanya maka akan melihat ketidakprogrefitas sebuah daerah berkembang pesat,” ucap Nurkanita.

Menurutnya di era distripsi saat ini pemuda menyambut digitalisasi, ketika berbicara tentang tren digitalisasi maka berbicara tentang pemuda.

“Ketika berbicara puncak bonus demografi maka berbicara tentang angkatan kerja pemuda, tren digitalisasi harus dikuasai dan digengaman anak muda, sehingga butuh skill serta kematangan persiapan menyongsong tren digitalisasi di tahun 2045 kedepan,” terangnya.

Nurkanita Maruddani Kahfi juga menjelaskan pada trend global 2045 menyambut generasi emas, sehingga dibutuhkan kesiapan anak negeri untuk mempersiapkan kematangan dalam hal era digitalisasi yang sangat penting.

“Bagi saya kegiatan perekonomian sifatnya konfensional akan beralih model transaksi ke transaksi digital, dan ini ada digenggaman anak muda sehingga kita harus melek digital dan tidak lagi dengan cara konfensional, tentu bersaing secara global,” ungkapnya.

Maka, dibutuhkan peran pemuda untuk mampu mengorbitkan potensi pemuda sesuai potensi dimiliki anak muda.

“Selamat dan sukses terlaksana pekan pemuda di Toraja Utara ini semoga menjadi sebuah legensi di era kepemimpinan Belo Tarran dan akan menjadi momentum bersifat kolektif di kepemimpinan KNPI berikut,” kata Nurkanita.

Tokoh Pemuda Sulsel setelah membawakan sambutan sekaligus menerima cinderamata dari pengurus DPD II KNPI Toraja Utara berupa lukisan wajahnya di kayu.

Nurkanita juga diberi kesempatan menyerahkan hadiah top skor KNPI Cup kepada juara dan berfoto bersama penari dari Sanggar Seni Dao Sarira dan panitia serta Volunteer Pekan Pemuda.

Mantan Caleg PAN di Sulsel itu menjelaskan pula kegiatan Pekan Pemuda melalui Expo UMKM betul-betul menghidupkan kembali semangat entrepreneur muda ditengah pandemi.

“Momentum saat ini KNPI Toraja Utara hadir mengangkat kreativitas pemuda dan nilai kebudayaan dengan kualitas dan identitasnya, kekayaan budaya dimiliki Toraja mantap sekali, dan inilah sebuah persembahan KNPI memotret potensi dan bakat anak muda,” tutupnya.

Nurkanita menyampaikan terima kasih atas support dari para Tokoh Masyarakat dan Tokoh Politisi sebagai sponsor, hadir memberikan dukungan kepada KNPI Toraja Utara. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -