fbpx
30 C
Makassar
Kamis, 28 Oktober 2021

Kembangkan Experiental Tourism, AELI Sulsel Latih 45 Peserta TOT Outbound di Buntu Pempon

Populer

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Training Of Trainer (TOT) Outbound yaitu rangkaian acara Toraja Highland Festival digelar di Kabupaten Toraja melalui Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI).

Kegiatan berlangsung selama dua hari dimulai sejak tanggal 8-9 Oktober di Buntu Pempon, Lembang Palangi Kecamatan Balusu, tepatnya di Tongkonan milik Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang.

TOT Outbound digagas oleh Masyarakat Sadar Wisata (Masata) dan Geopark Toraja yang termasuk kegiatan Toraja Highland Festival.

- ADS -

Diikuti 45 peserta yang tergabung dari utusan desa wisata yaitu 1 kelurahan dan 21 lembang dari 111 lembang, adapun dari mahasiswa serta masyarakat umum.

Peserta dilatih dari Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) Provinsi Sulawesi Selatan yang beranggotakan enam orang.

Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) adalah sebuah wadah yang menaungi beberapa lembaga pegiat kegiatan pendidikan alternatif berbasis alam bebas dengan pendekatan utama metode experiential learning

Ketua DPD AELI Sulsel, Hime menjelaskan TOT Outbound bertujuan untuk pengembangan desa wisata apalagi di Toraja Utara memiliki banyak lembang (desa).

“Pelatihan ini kami punya produk turunan yaitu experiental tourism, mengajarkan mahasiswa maupun utusan desa untuk mengembangkan daerahnya sendiri,” ujarnya saat ditemui Media, Sabtu (9/10/2021).

Lanjut Hime, kegiatan TOT Outbound berlangsung selama dua hari itu memberikan pembekalan bagi fasilitator yang kemudian fasilitator memberikan pelatihan kepada seluruh peserta.

“Kami di fasilitasi teman-teman di Toraja Utara yang sudah diberi pembekalan sehingga dapat memberi kekompakan di kegiatan experiental learning ini,” tutupnya.

Ketua Masata Toraja Utara, Damayanti Batti selaku penyelenggara menjelaskan, kegiatan TOT Outbound dipersembahkan bagi kelompok pemuda di Toraja dengan harapan dapat memberi pengetahuan.

“Setelah mengikuti kegiatan ini, agar mereka mampu melewati permainan atau wahana atau kerja kelompok sehingga boleh tumbuh pusat pelatihan Outbound di lembang yang ada di Toraja Utara,” tutup Damayanti.

Sebagai penyelenggara THF 2021 termasuk TOT Outbound, Ketua Masata Toraja Utara, Damayanti Batti juga hadir di lokasi melihat langsung kegiatan dan permainan kelompok yang diikuti 21 lembang. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Tingkatkan Militansi, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Pendidikan Kader

ZONAKATACOM - TANA TORAJA Sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin partainya menatap pemilu 2024 . Salah satunya adalah PDI...

Berita Lain

- Advertisement -