fbpx

Jelang Pilkada Tana Toraja, Elektabilitas JRM Meningkat, Tertinggi Diinternal Golkar

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA  Elektabilitas John Rende Mangontan (JRM) meningkat jelang gelaran Pilkada Tana Toraja 2024.

Legislator DPRD Sulsel itu mengunguli dua nama dalam internal Partai Golkar, yakni Ketua DPD II Golkar Tana Toraja, Victor Datuan Batara (VDB) dan istri Bupati Tana Toraja, Yariana Somalinggi.

Hal ini berdasarkan hasil survey Insting Institut. Di mana, elektabilitas John Rende Mangontan mencapai 20,24 persen. Disusul Yariana Somalinggi dengan elektabilitas 18,73 persen dan Victor Datuan Batara 10,11 persen.

Adapun survei dilakukan Insting institut 24 Februari hingga 5 Maret 2024 usai gelaran Pemilu 2024. Survei tersebut juga menyasar 400 responden dengan multistage random sampling.

“Inilah posisi internal Golkar yang terekam dalam survei kami terkait calon kepala daerah yang berpeluang diusung Golkar,” kata Syamsul, Direktur Insting institut dalam keterangan tertulisnya, Sabtu 16 Maret 2024.

Diketahui, JRM tak lagi mencalonkan diri di Pileg 2024 kemarin, namun namanya saat ini menjadi kandidat terkuat untuk maju sebagai bakal calon bupati Tana Toraja 2024.

JRM sendiri pada Pileg 2024 kemarin mencalonkan istrinya, Apt Tikurara Bumbungan. Meski tak lolos, Tikurara mampu meraup 18 ribu lebih suara.

Kemudian Victor Datuan Batara, yang juga berpeluang maju calon bupati Tana Toraja. Baik JRM maupun VDB sebelumnya telah mendapat SK dari DPP Partai Golkar untuk bertarung di Pilkada Tana Toraja.

Keduanya pun optimis akan mendapat rekomendasi dari DPP. Apalagi, Partai Golkar pada Pileg 2024 ini berhasil mempertahankan jumlah kursinya di DPRD Tana Toraja, sehingga Golkar dapat mengusung calonnya sendiri tanpa harus berkoalisi dengan parpol lain.

Sementara Yariana Somalinggi di Pileg 2024 berhasil naik kelas dari DPRD Kabupaten Tana Toraja ke DPRD Sulsel. Adapun suara sah Yariana pada Pileg 2024 kemarin mencapai 40.857.

Tom/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

10 Jenazah Korban Longsor Palangka Dimakamkan Dalam Satu Liang Lahat

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Sebanyak 10 jenazah korban bencana alam tanah longsor di Palangka, Kelurahan Manggau, Kecamatan Makale dimakamkan...

Berita Lain