fbpx

Jelang Pilkada, KPU Tana Toraja Gelar Apel Siaga Pantarlih

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Jelang pelaksanaan kegiatan pencocokan dan penelitian data pemilih (Coklit), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tana Toraja menggelar apel siaga kesiapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) di Halaman Kantor KPU, Senin (24/6/2024).

Dalam sambutannya, Ketua KPU Tana Toraja, Berthy Paluangan menjelaskan ada sekitar 733 Pantarlih yang diturunkan untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit).

Dikatakan Pantarlih ini akan ditugaskan di 461 TPS yang tersebar di 19 Kecamatan, 159 Kelurahan/Lembang.

Jelang Pilkada, KPU Tana Toraja Gelar Apel Siaga Pantarlih

“Apel kesiapan ini sebagai bentuk kesiapan Pantarlih untuk memulai tugasnya melaksanakan pencocokan dan penelitian (Coklit) daftar pemilih,” kata Berthy.

Lebih lanjut dikatakan bahwa tahapan Pemuktahiran dan Penyusunan Daftar Pemilih adalah salah satu tahapan krusial dan strategis dalam perhelatan Pilkada Serentak Tahun 2024 ini.

“Proses coklit daftar pemilih yang dilakukan dengan baik dan benar yang sesuai tata cara, prosedur dan mekanisme yang tepat berdasarkan aturan yang berlaku akan menghasilkan daftar pemilih yang valid sehingga menjadi salah satu faktor penting keberhasilan pelaksanaan Pilkada,” bebernya.

Ia pun berharap Pantarlih yang merupakan ujung tombak dalam pelaksanaan proses tahapan pemuktahiran dan penyusunan daftar pemilih ini tetap mengedepankan integritas dan tutur kata yang sopan saat melaksanakan tugasnya.

“Ini sejalan dengan semangat dari akronim maskot Pilkada Tana Toraja yaitu Si “KOPI” Kredibilitas, Optimisme, Profesionalisme dan Integritas,” tuturnya.

Dalam melaksanakan tugasnya, Ketua KPU menegaskan perlu adanya kesiapan yang perlu diperhatikan oeh Pantarlih seperti:

  1. Berkoordinasi dengan pemerintah setempat dan tokoh masyarakat pada saat akan memulai dan selesai melakukan Coklit;
  2. Dalam setiap pelaksanaan Coklit, Pantarlih wajib menggunakan atribut atau kelengkapan Pantarlih;
  3. Dalam melaksanakan tugas, Pantarlih wajib mengisi buku kerja untuk mencatat semua aktifitas yang dilakukan;
  4. Apabila ada hal-hal yang belum jelas agar berkoordinasi dengan PPS, PPK atau KPU Kabupaten Tana Toraja.

Dalam pelaksanaan apel siaga kesiapan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) tersebut dihadiri oleh Ketua dan anggota KPU Tana Toraja, Bawaslu Tana Toraja, PPK, PPS dan Pantarlih wilayah terdekat.

Anjas/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Andi Sudirman-Fatmawati Terima Rekomendasi Demokrat untuk Pilgub Sulsel 2024

ZONAKATA.COM - JAKARTA DPP Demokrat menyerahkan rekomendasi kepada sejumlah pasangan bakal calon yang akan maju di Pemilihan Gubernur 2024.Di...

Berita Lain