fbpx
26 C
Makassar
Kamis, 2 Desember 2021

Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja Ajarkan Pemanfaatan Pekarangan Sejak Dini

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja lakukan kunjungan penyuluhan pemanfaatan pekarangan di SD Katolik Renya Rosari Paku Makale, Tana Toraja, Senin (01/11).

Hal ini merupakan program Pemerintah Daerah Kabupaten Tana Toraja terkait ketahanan pangan baik secara ekonomi, sosial dan kesehatan SDM dengan melibatkan seluruh pihak.

Kunjungan itu memberikan penyuluhan tentang sistem pengelolaan lingkungan yang berkelanjutan (Sustainable Environmental Management System) di area SD Katolik Renya Rosari Paku, Makale.

Dengan melihat peluang-peluang pengembangan pemanfaatan lahan sekolah pada aspek-aspek yang dibutuhkan oleh dunia pendidikan untuk mendukung program pemanfaatan lahan pekarangan di lokasi sekolah.

- ADS -

Kegiatan ini diikuti oleh para murid SD yang didapingi oleh guru wali kelas serta pembimbingan langsung dari penyuluh pertanian Dinas Pertanian Kab. Tana Toraja, Christina S. Parissing dan PPL Kelurahan Winda Papalangi.

Diketahui bahwa dulunya halaman tersebut hanya hamparan beton yang ditumbuhi rerumputan, kini berubah menjadi lahan Hortikultura dengan berbagai komoditi pertanian seperti bunga, toge, seledri, terong, jagung manis dan berbagai tanaman lainya.

Sekretaris Dinas Pertanian Kab. Tana Toraja Nataniel Karru, SE.,MH menjelaskan bahwa kunjungan penyuluh pertanian itu adalah sebagai pendidikan informal bagi anak-anak dengan menanamkan dan menuntun mereka sejak dini sehingga mereka sadar untuk selalu produktif.

“Dengan pengenalan alam lingkungan melalui pengembangan Adiwiyata Sekolah berupa kebun tanaman dengan menggunakan media tanam polybag dan pot yang ditanami sayur-sayuran, bunga-bungaan dan tanaman herbal atau obat-obatan.” tambahnya.

Sekolah adiwiyata sendiri dapat dipahami sebagai sekolah yang peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah.

“Diharapkan agar seluruh masyarakat di sekitar sekolah bahkan orang tua siswa dapat menyadari bahwa lingkungan yang hijau adalah lingkungan yang produktif dan sehat bagi tubuh kita.” tutupnya. (*)

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -