fbpx

GOW Toraja Utara Hadirkan Psikiater Kemenkes RI Sosialisasi Kesehatan Mental Keluarga

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kabupaten Toraja Utara melaksanakan sosialisasi tentang Kesehatan Mental (Mental Health Awareness) di Aula Kodim 1414 Tana Toraja Jalan Pongtiku, Kecamatan Rantepao, Sabtu (4/11/2023).

Sosialisasi dengan tema ‘Perempuan sebagai Ujung Tombak Kesehatan Mental Keluarga’ bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat khususnya perempuan.

Ketua GOW Toraja Utara, Damayanti Batti mengatakan untuk memperhatikan masalah kesehatan mental dimulai dari keluarga.

“Masalah-masalah kesehatan mental yang terjadi pada masyarakat sering timbul dari persoalan keluarga,” ungkapnya.

Maka itu bersama pengurus GOW melaksanakan sosialisasi yang mengundang organisasi-organisasi wanita dan Ibu rumah tangga untuk menjadi peserta.

Narasumber atau pemateri yakni dr. Diana Papayungan SpKJ (psikiater) mewakili Kementrian Kesehatan RI yang sedang bertugas di Toraja Utara dalam rangka intevensi pencegahan bunuh diri anak remaja di tiga sekolah.

Diana menjelaskan berbagai gangguan mental seperti skizofrenia, depresi, kecemasan, ketergantungan obat dan psikopatologi banyak berhubungan kurang baik interaksi diantara keluarga.

“Maka itu tidak mungkin kita mengesampingkan peran keluarga dalam menjaga kesehatan mental para anggotanya,” pesannya.

Lanjut Diana, menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO bahwa, keluarga adalah keadaan sejahtera yang mana individu mengenal potensi dirinya dan mampu menghadapi tekanan hidup sehari-hari, produktif, berkontribusi dan bermanfaat untuk komunitas.

Ia berharap kedepan masyarakat semakin sadar tentang pentingnya kesehatan mental demi terciptanya kehidupan masyarakat yang sejahtera dan tidak menyepelekan gejala-gejala yang ada.

“Segera meminta bantuan ke psikiater untuk dapat ditangani lebih dini, pemerintah sedang gencar melakukan screening awal untuk mendeteksi dini masalah kesehatan mental masyarakat dengan menyebarkan kusioner,” pungkas Diana.

Kuesioner dimaksud dapat diakses pada link google form: Instrumen SDQ (Strength and Dificulties Questionnaire) untuk usia 4-11 tahun, 11-18 tahun dan usia 18 tahun ke atas. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Andi Sudirman Silaturahmi ke Rais Syuriah PWNU Sulsel AGH Baharuddin

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Andi Sudirman Sulaiman bersilaturahmi di kediaman Rais Syuriah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sulsel AGH.KH.Dr.Baharuddin, MA,...

Berita Lain