fbpx
26 C
Makassar
Sabtu, 22 Januari 2022

Gawat! Angka Penyalahgunaan Narkotika di Sulsel Meningkat

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA – MAKASSAR Angka penyalahgunaan narkotika di Sulsel terus meningkat, dari tahun ke tahun. Baik dari jumlah pelayahgunaan maupun jumlah barang buktinya.

Data yang dilansir dari Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Sulsel, jumlah tersangka penyalahgunaan narkotika yang ditangkap pada tahu 2021 per 29 Desember sebanyak 42 orang.

Jumlah tersebut naik hampir 80 persen jika dibandingkan tangkapan 2020 yang hanya 24 orang.

Dari jumlah barang bukti pun demikian. Pada tahun 2020 narkotika jenis sabu-sabu yang diamankan hanya 1,973 kilogram, ganja 1,4 kilogram, ekstasi 4.623 butir, dan tembakau sintetis sebanyak 310 gram.

Sedangkan untuk tahun 2021 jumlah sabu-sabu yang ditangkap seberat 15,1 kilogram, ganja 3,34 kilogram, dan tembakau sintetis 3,1 kilogram.

- ADS -

Kepala Bagian Umum BNNP Sulsel Sudaryanto menjelaskan, 80 persen narkoba yang masuk ke Indonesia termasuk Sulsel melalui jalur laut.

“Mekanismenya para pengedar masih gunakan jaringan terputus, sehingga antara pengedar dan bandar tidak saling komunikasi langsung,” katanya, saat rilis akhir tahun BNNP Sulsel, Selasa, 28 Desember 2021.

Setelah itu, lanjut dia, kebanyakan menggunakan jasa pengiriman dan distribusi melalui angkutan darat untuk menyebarkannya.

“Meski demikian kami terus mengupayakan untuk mengungkap peredaran barang terlarang itu,” tegas Sudaryanto.

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Kemenag Sulsel Juara 1 Turnamen Bulutangkis Korpri Cup I 2022

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi-Selatan, Andi Sudirman Sulaiman hadir meyaksikan pertandingan final Turnamen Bulutangkis KORPRI Cup...

Berita Lain

- Advertisement -