fbpx
27 C
Makassar
Sabtu, 22 Januari 2022

Fashion Designer Nasya Collyer, Sambangi Pelatihan Barista di Pasar Seni Makale

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Setelah sebelumnya dikunjungi Forkopimda Tana Toraja, kali ini Kelompok Pelatihan Barista mendapat kunjungan dari Nasya Collyer seorang Fashion Designer dari Jakarta. Dalam kunjungan tersebut Nasya mencoba racikan kopi para calon barista-barista Tana Toraja.

“Ini merupakan kesempatan emas bagi teman-teman yang ikut pelatihan ini, karena diluar sana orang ingin belajar barista harus mengeluarkan biaya besar untuk belajar meracik kopi yang enak,” ungkap Nasya.

Fashion Designer Nasya Collyer, Sambangi Pelatihan Barista di Pasar Seni Makale - Zonakata.com

“Racikan kopi ini tidak kalah enak dari suguhan kopi barista di Jakarta, makanya teman-teman harus serius dan disiplin,” tutur Nasya sembari belajar meracik Kopi dipandu teman-teman Pelatihan.

Nasya Collyer berkunjung ke Toraja dalam rangka mengikuti acara pernikahan salah satu anak dari Diaspora Toraja yang ada di Jakarta sekaligus berwisata di Toraja.

Diketahui bahwa pelatihan Barista ini merupakan program Kementerian Tenaga Kerja dan Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Tana Toraja yang difasiltasi oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Pangkep.

Dalam kesempatan itu BLK Pangkep mendatangkan seorang mentor Barista dari Kemenaker, yakni Chairul Razak. Chairul merupakan salah satu trainer handal bersertifikasi Internasional yang sudah melanglang buana untuk memberikan pelatihan diseluruh penjuru Indonesia.

“Teman-teman calon Barista Toraja ini sangat luar biasa, baru hari kesebelas saja mereka sudah menunjukkan perkembangan skill yang luar biasa, selain inovatif teman-teman ini memiliki antusias yang besar untuk belajar,” ungkap Chairul yang akrab disapa Mr.Jack oleh anak-anak didiknya dipelatihan ini.

Fashion Designer Nasya Collyer, Sambangi Pelatihan Barista di Pasar Seni Makale - Zonakata.com

“Saya memang mengajarkan cara meracik kopi yang semua serba manual, agar mereka bisa tahu teknik dan trik untuk menjadi Barista dengan tidak manja dengan alat-alat moderen yang serba mesin, sehingga mereka bisa mengerti hakikat dan rahasia dari seorang Barista,” pungkas Mr. Jack.

Diketahui peserta pelatihan Barista gelombang 1 ini diikuti oleh kaum milenial dan juga para penikmat dan pencinta kopi. Seperti Yosvita dan Ekandi merupakan peserta termuda dipelatihan ini. Mereka berdua sangat serius bersama peserta lainnya untuk belajar meracik kopi dengan berbagai teknik dan varian rasa kopi. Setiap Senin-Sabtu mereka latihan mulai pukul 08.00-16.00 Wita.

“Pelatihan yang menerapkan protokol kesehatan yang ketat ini akan berlangsung selama 28 hari di gedung Pasar Seni Makale. Dengan harapan akan menghasilkan barista-barista baru di Toraja, yang pasti akan membuka peluang kerja dan usaha baru di Tana Toraja sehingga mengurangi tingkat pengangguran serta menumbuhkan perkembangan ekonomi secara bertahap,” jelas Azis, Ketua Kelas dari Pelatihan ini yang juga seorang pengusaha Kopi Toraja asal Gandangbatu.

- ADS -

Sementara itu Kepala Dinas Tenaga Kerja Tana Toraja, Tupa Batara Randa menjelaskan bahwa Dinas Tenaga kerja akan terus berupaya untuk mengadakan pelatihan kerja bagi usia produktif di Tana Toraja, sehingga mereka dapat memiliki skill dalam pengembangan diri dan bisa membuka usahanya masing-masing agar roda perekonomian didaerah ini bisa bertumbuh dan bangkit dimasa pandemi ini.

*/Anjas/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Kemenag Sulsel Juara 1 Turnamen Bulutangkis Korpri Cup I 2022

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sulawesi-Selatan, Andi Sudirman Sulaiman hadir meyaksikan pertandingan final Turnamen Bulutangkis KORPRI Cup...

Berita Lain

- Advertisement -