fbpx

Eva Rataba Minta Kepala Sekolah Berperan Aktif Sukseskan Penyaluran PIP di Tana Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem Eva Stevany Rataba bersama Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek RI menggelar sosialisasi Program Indonesia Pintar (PIP) di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Tana Toraja, Sabtu (7/10/2023).

Dalam sambutannya didepan 100 Kepala Sekolah SD, SMP, SMA, dan SMK, Eva Stevany Rataba meminta kepada para Kepala Sekolah untuk berperan aktif mengecek data siswa yang menerima bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di aplikasi SiPintar.

Dan tak kalah penting menurutnya, setelah mengetahui data siswa penerima PIP, Kepala Sekolah harus segera memberitahukan kepada siswa penerima dan membantu siswa atau orang tuanya dalam melakukan aktivasi rekening siswa penerima PIP.

Eva Rataba Minta Kepala Sekolah Berperan Aktif Sukseskan Penyaluran PIP di Tana Toraja
Anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi Partai Nasdem Eva Stevany Rataba.

“PIP itu hak siswa dari keluarga miskin, namun tidak bisa dicairkan atau direalisasikan apabila rekeningnya tidak atau belum diaktivasi. Disinilah peran Kepala Sekolah sangat penting agar hak siswa tersebut dapat dinikmati “, ungkap Eva.

Lanjut Eva Rataba, Koordinasi antar lembaga terkait Program Indonesia Pintar (PIP) khususnya di Toraja harus lebih di tingkatkan lagi.

“Koordinasi antar lembaga khususnya pihak bank penyalur agar lebih di tingkatkan lagi, jangan mempersulit khususnya penerima PIP dari daerah pelosok di Toraja,” ucap Legislator pusat Partai Nasdem ini.

Eva Stevany Rataba juga menyampaikan sejak tahun 2020 hingga tahun 2023 ini telah mengusulkan 120 ribu peserta didik untuk menerima beasiswa PIP melalui jalur aspirasi.

Dalam kaitan pengusulan calon penerima PIP, Eva Rataba meminta Kepala Sekolah dalam pengisian Dapodik sekolah harus akurat dalam mengisi kolom Nomor Induk kependudukan (NIK) siswa, Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), tanggal lahir, dan nama gadis ibu kandung dan menandai siswa layak PIP di Dapodik.

“Sering terjadi, siswa yang sebenarnya layak dapat bantuan PIP namun ternyata tidak terdaftar sebagai penerima PIP karena ada ketidaksesuaian antara data di Dapodik dengan data di DTKS, atau KTP atau Kartu keluarga, “ tutup Eva.

Turut hadir dalam sosialisasi PIP ini Kepala Puslapdik Kemendikbudristek diawakili Teguh Rahayu Slamet, Kepala Dinas Pendidikan Tana Toraja Andarias Lebang, S.Pd, Perwakilan Cabang Dinas Pendidikan SulSel Wilayah X, Bank BRI, dan Bank BNI.

(Media Center ESR)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Penuh Keakraban, Andi Sudirman dan Ketum PSI Kaesang Bahas Arah Sulsel Kedepan

ZONAKATA.COM - JAKARTA  Gubernur Sulsel periode 2021-2023, Andi Sudirman Sulaiman menemui Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep...

Berita Lain