fbpx

Idul Adha 1445 H, Pemkab Toraja Utara Serahkan Hewan Kurban di Empat Masjid

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA   Pemerintah Kabupaten Toraja Utara menyerahkan empat ekor hewan kurban pada perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 H/2024 M.

Sekertaris Daerah (Sekda) Toraja Utara, Salvius Pasang didampingi Bidang Kesra dan Dinas Perternakan menyerahkan hewan kurban secara simbolis di halaman Masjid Besar Nurul Taqwa Bolu, Kecamatan Tallunglipu, Minggu (16/6/2024).

Diterima langsung oleh perwakilan pengurus Peringatan Hari Besar Islam (PHBI) Toraja Utara, Rusli Kadir dan pengurus lainnya.

Mewakili Bupati Yohanis Bassang, secara simbolis Salvius Pasang menyerahkan ke empat pengurus masjid yang mendapatkan hewan kurban tahun ini.

Masing-masing yaitu satu ekor sapi untuk diserahkan ke Masjid Nurul Taqwa Bolu di Tallunglipu, satu ekor sapi ke Masjid Taqwa Karassik di Kesu, satu ekor kambing ke Masjid Besar di Rantepao dan satu ekor kambing di Masjid Husain Mu’Minin To’ Karau di Sesean.

Salvius Pasang menyampaikan, pada penyerahan hewan kurban berharap agar tidak dilihat dari nilainya dan ukuran tapi dimaknai sebagai kebersamaan, serta secara khusus perhatian dari pemerintah untuk jamaah di empat masjid yang menerima tahun ini.

“Semoga dapat membawa pahala dan berkah bagi pemerintah, mari bersama jalankan ibadah Idul Adha dengan suka cita dan yang melaksanakannya mendapat pahala,” ungkapnya.

Mantan Kepala Dinas Pertanian Pemkab Tana Toraja itu meminta kepada umat agar bersama-sama menjalankan tugas dan membuktikan Toraja terus menjaga toleransi dengan baik sesuai nilai dari Undang-undang dan Pancasila.

“Selamat Hari Raya Idul Adha semoga Allah menyertai kita, semakin ditingkatkan tahun kedepan dan tidak hanya di empat masjid dan hewan kurban ini diprioritaskan kepada kaum fakir miskin, anak yatim piatu dan yang berhak menerima,” pungkas Salvius.

Sementara Rusli Kadir menyampaikan harapan atas penyerahan empat hewan kurban dari pemerintah daerah dapat membawa berkah disisi Allah SWT.

“Terima kasih atas kedatangan Bapak Sekda, Kabag Kesra dan Kadis menyerahkan langsung dan kami bersyukur atas kehadiran pemerintah daerah dan Bapak Bupati Toraja Utara menitip salam tidak sempat silaturahmi,” tuturnya.

Lanjut Rusli menerangkan Masjid Nurul Taqwa Bolu tiap tahun mendapat hewan kurban dan bermanfaat bagi masyarakat muslim yang menerimanya.

“Kita doakan bersama pimpinan dan jajarannya untuk selalu diberi kesehatan dalam memerintah daerah ini dengan baik, semoga sukses selalu dan mendapat kasih sayang Allah SWT dan terima kasih telah hadir, semoga niat baik kita semua dałam berkurban mendapat kelimpahan berkat,” ungkap Rusli yang juga imam Masjid Nurul Taqwa Bolu Tallunglipu.

Mewakili PHBI yang dipercayakan pemerintah daerah membagikan ke masjid-masjid, pihaknya akan menyerahkan ke pengurus dan jamaah masjid yang akan dimanfaatkan kepada saudara fakir miskin, yatim piatu hingga masyarakat nasrani sekitar masjid yang membutuhkan daging kurban.

“Kami salurkan ke yang berhak menerima dan tiap tahunnya juga kami beri kepada tetangga masjid umat nasrani sebagai tanggungjawab karna itulah inti berkurban,” tutup Rusli.

Turut hadir para pengurus Masjid Nurul Taqwa Bolu Tallunglipu, pengurus PHBI Toraja Utara, Kabag Kesra dan Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Toraja Utara, dokter hewan dan sejumlah media.

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Bappelitbangda Sulsel Monitoring Evaluasi dan Coaching Clinic Program Kolaborasi ‘Si Lebah Unggulan’ di Parepare

ZONAKATA.COM - PAREPARE Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Provinsi Sulawesi Selatan melakukan monitoring evaluasi yang dirangkaikan...

Berita Lain