fbpx
25 C
Makassar
Sabtu, 2 Juli 2022

ESR: Mensyukuri HUT Kemerdekaan RI Tak Harus dengan Kemeriahan

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Dalam mensyukuri HUT Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) tidak harus dengan kemeriahan apalagi saat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di masa pandemi Covid-19. Hal tersebut diungkapkan anggota DPR RI, Eva Stevany Rataba.

Eva yang merupakan istri dari mantan Wakil Bupati Toraja Utara, Yosia Rinto Kadang ini mengatakan substansi syukur atas diraihnya kemerdekaan bangsa ini bisa dilakukan dengan kegiatan lain yang juga bermanfaat untuk masyarakat.

 “Jadi kewajiban kita saat ini adalah mensyukurinya,” kata Eva, Selasa (17/8).

Menurut Legislator pusat dari Toraja ini, lebih separuh penduduk Indonesia saat ini lahir ketika Indonesia telah merdeka atau tidak terlibat langsung dalam perang kemerdekaan.

Kendati demikian, kata dia, perayaan HUT Kemerdekaan RI tetap harus dilakukan dengan penuh rasa syukur, yang biasanya diwujudkan dengan melakukan kegiatan kemeriahan seperti perlombaan hingga acara tumpengan di lingkungan tempat tinggal atau kampung masing-masing.

“Namun, dua tahun ini Indonesia sedang mengadaptasi kebiasaan baru karena pandemi Covid-19,” imbuh Eva.

Dengan kebiasaan baru ini, lanjut politikus perempuan ini, kemeriahan dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI atau yang lazim disebut Agustusan ini tidak bisa dilakukan seperti tahun-tahun sebelumnya.

- ADS -

Untuk itu anggota DPR RI ini mengajak masyarakat untuk mencintai sesama, saling melindungi dan menjaga agar Indonesia segera terbebas dari pandemi sebagai ungkapan rasa syukur kemerdekaan RI.

“Tidak masalah, karena substansi syukur kemerdekaan adalah mencintai Indonesia,” kata Eva Rataba.

Semua pihak juga diminta mengedukasi mulai dari keluarga hingga tetangga masing-masing bahwa mensyukuri kemerdekaan bukan dengan perayaan semata karena perayaan Agustusan tidak identik dengan pesta.

“Itulah bentuk syukur sesungguhnya, mensyukuri kemerdekaan dengan cinta, merayakan kemerdekaan dengan mempercepat pembangunan membalas jerih perjuangan pahlawan,” tutur Eva.

Eva Rataba pun mengikuti Upacara HUT RI ke -76 dari Istana Merdeka secara virtual.

Medcen ESR

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Aksi Stop Stunting Door to Door, Edukasi Orang Tua Balita Cek Tumbuh Kembang Anak

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Tumbuh kembang anak menjadi fokus intervensi bagi tim pendamping gizi Aksi Stop Stunting Pemprov Sulsel. khususnya...

Berita Lain

- Advertisement -