fbpx
26 C
Makassar
Sabtu, 3 Desember 2022

Dompet Dhuafa Gelar World Volunteer Festival 2021

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – PAREPARE Masih dalam bulan kemeriahan Hari Relawan Sedunia, Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan menyelenggarakan World Volunteer Festival pada Jumat (10/12), sebagai bentuk apresiasi kepada jasa relawan dan sekaligus untuk melatih kapasitas para relawan agar dapat secara maksimal membantu sekelilingnya yang membutuhkan bantuan baik itu ketika terjadi bencana atau dalam kehidupan sehari-hari.

World Volunteer Festival (WVF) diselenggarakan selama 3 hari mulai dari hari Jumat (10/12) hingga Minggu (12/12) dengan menghadirkan berbagai macam agenda kegiatan mulai dari talkshow, workship hingga focus group discussion. (13/12/2021)

Pada hari Jumat (10/12/2021), WVF resmi dibuka dan diselenggarakan di Parepare Sulsel, dan Dompet Dhuafa Sulsel menjadi tuan rumah dan penyelenggara kegiatan. Pada pembukaan kegiatan dihadiri oleh 70 peserta dari DDV dan Volunteer komunitas di Sulsel.

Nurwana selaku program manager DD Sulsel sekaligus ketua panitia WVF memaparkan “Kami penuh antusias menyambut para volunteer dari 14 provinsi yang mendaftar, harapannya event ini menjadi event tahunan yang diselenggarakan oleh DD Sulsel, meskipun masih banyak PR yang harus kami kerjakan, namun kami optimis kegiatan ini dapat memberikan kontribusi yang besar kedepannya,” tutur Wana.

Pada hari pertama kegiatan (10/12), para peserta diberikan overview tentang kesehatan lingkungan dan mental dari XR Indonesia, Wahyu Iskandar dan Dr Anwas dari IDI Sulsel.

- ADS -

Keduanya berbagi perspektif tentang pengaruh kesehatan akibat perubahan iklim. Kemudian pada hari ke-2 Sabtu, (11/12), WVF diisi oleh kelas workshop yang edukatif dan fun diantaranya Medical First Aid yang dibawakan oleh Dr Ahlul Hidayat dari DD Klinik, Kelas Pembuatan Project Sosial oleh Rahmat Hidayat HM, Kelas ecogreen dari Yayasan Peduli Negeri, Pelatihan Pembuatan Ecobrick dari Indrawati dan Aira, Talkshow Volunteer Issues dibawakan oleh GM DDV Arief R Haryono, serta paling dinanti-nanti pada malam apresiasinya ada penyuguhan presentasi Ide Sosial Project dan penampilan kelompok festival keduayaan.

Sementara itu, terlihat antusiasme para peserta dalam mengikuti kegiatan, terlebih dalam sesi Ecogreen workshop dan pembuatan Ecobrick. Yang mana hal ini juga menjadi tema kegiatan WVF yaitu Ecogreen Healthy Lifestyle. Melalui kelas ini para peserta keluar mampu mempraktekan gaya hidup minim sampah.

Pada puncak acara WVF, para peserta yang hadir diberikan apresiasi berupa award sederhana atas partisipasi mereka selama kegiatan dan terkhusus untuk Dompet Dhuafa Volunteer se-Indonesia diberikan penghargaan atas kinerja mereka selama satu tahun beberapa diantaranya yaitu penghargaan atas DDV dengan aksi paling banyak, kolabori bersama komunitas paling banyak, DDV dengan engangement sosmed tertinggi.

Dan tak ketinggalan pula penampilan yang dinanti-nanti oleh para peserta adalah Bang Is Pusakata yang membawakan lagu-lagu hitsnya dalam bentuk concert sederhana dan intim.

Selain itu, pada penutupan acara, Rahmat Hidaya HM pimpinan cabang DD Sulsel jugamengutarakan “Festival ini adalah momen mempersatukan semangat dan visi teman-teman relawan kemanusiaan untuk selalu tetap membantu orang yang membutuhkan dalam kondisi apa pun,” ucap Rahmat

Perlu diketahui, World Volunteer Festival merupakan festival relawan pertama di Sulawesi Selatan yang diinisiasi oleh Dompet Dhuafa Sulsel dan berkolaborasi dengan 9 komunitas di Sulsel diantaranya 1000 Guru Sulsel, SIGI Makassar, Koin Untuk Negeri, Aliansi Remaja Independen, Pahlawan Darah Makassar, Young on Top, The Floating School, Komunitas PAGI, dan Lima Putra Pesisir.

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Kongres Nasional GMKI Resmi Ditutup, Theofilus: Berdampak Positif Bagi Wisata Toraja

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Bupati Tana Toraja Theofilus Allorerung menutup secara resmi Kongres XXXVIII Gerakan Mahasiswa Kristen Indonesia (GMKI)...

Berita Lain

- Advertisement -