fbpx

Dinkes Larang Peredaran Lima Merek Obat Sirup di Tana Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tana Toraja melalui Dinas Kesehatan mulai melarang penjualan dan penggunaan lima jenis obat sirup anak. Sabtu, 22 Oktober 2022.

Larangan ini tertuang dalam surat edaran No.3347/Sek-Um/X/2022.

Tentang larangan penjualan dan penggunaan obat sirup yang diduga mengandung Cemaran Etilen Glikol (EG) dan Dietlien Glikol (DEG).

Lima jenis obat sirup yang kini dilarang peredarannya yakni, Termorex Sirup (obat demam), Flurin DMP Sirup (obat batuk dan flu), Unibebi Cough Sirup (obat batu dan flu.

Kemudian, Unibebi Demam Sirup (obat demam) dan Unibebi Demam Drops (obat demam).

Kepala Dinas Kesehatan Tana Toraja, dr Rudhi Andilolo mengatakan, larangan peredaran lima jenis obat sirup ini menyusul hasil sampling dan pengujian BPOM RI.

Di mana, pengujian itu terhadap 39 bets dari 26 sirup obat hingga 19 Oktober 2022.

“Hasil pengujian ini, menunjukan adanya kandungan EG yang melebihi ambang batas aman pada lima produk tersebut,” papar dr Rudi.

Mantan Direktur RSUD Lakipadada Tana Toraja itu menjelaskan, upaya pencegahan yang saat ini dilakukan dengan mengeluarkan surat edaran.

Surat edaran itu juga ditujukan untuk klinik, apotek, rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya di Tana Toraja.

“Kita sudah surati semua, termasuk menyampaikan lima jenis obat sirup yang peredarannya kini dilarang,” ujarnya.

Meski demikian, hingga kini pihaknya belum menemukan kasus penyakit gagal ginjal akut pada anak akibat obat sirup.

Rudhi Andilolo menambahkan, selain lima jenis tersebut, pihaknya juga mencurigai sebanyak 91 obat sirup yang diduga terkontaminasi EG dan DEG.

“Kami sudah rapat bersama dipimpin Wakil Bupati dan dihadiri semua kepala puskesmas serta rumah sakit, klinik dan apotek untuk mewaspadai ini,” pungkasnya.(*)

TOM/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tak Ingin Jadi Penonton, Hanura Bakal Dorong Kader Terbaiknya di Pilkada Enrekang

ZONAKATA.COM - ENREKANG  Jelang perhelatan Pilkada serentak pada 27 November 2024, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang, tidak...

Berita Lain