fbpx

Darma Lelepadang Sayangkan Nama Lakipadada di Pelataran Rujab Gubernur Diubah Bahtiar Baharuddin

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA Pelataran Lakipadada di Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sulsel telah diubah menjadi pelataran Ininnawa oleh Pejabat (Pj) Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin beberapa waktu lalu.

Tulisan Lakipadada yang sebelumnya melekat di dinding pelataran tersebut dicopot kemudian diganti tulisan Ininnawa.

Hal ini pun menimbulkan reaksi berbagai pihak. Salah satunya datang dari tokoh Toraja, Darma Lelepadang.

Darma menyayangkan hal tersebut. Menurutnya, pelataran Lakipadada tak hanya menjadi simbol pemersatu suku Toraja, tapi juga suku Bugis dan Makassar.

“Kalau itu benar terjadi saya selaku warga Toraja sangat menyayangkan, sebab pelataran Lakipadada adalah simbol pemersatu suku Toraja, Bugis, dan Makassar,” ujarnya saat dijumpai di Makale, Jumat (27/10/2023) malam.

Darma Lelepadang Sayangkan Nama Lakipadada di Pelataran Rujab Gubernur Diubah Bahtiar Baharuddin

“Sebab menurut sejarah dan itu tidak bisa dipungkiri, tertulis dalam Lontara bahwa Lakipadada ini adalah leluhur bangsawan dan raja-raja yang ada di Sulawesi Selatan,” ucapnya.

Darma menjelaskan, Lakipadada adalah nenek moyang suku Toraja. Bahkan raja-raja di Bugis dan Makassar. Menurut sejarah kata dia, Lakipadada memperistri-kan anak raja Gowa dan melahirkan empat orang anak.

Kempat anak Lakipadada kemudian berada atau tinggal di Gowa, Bone, Luwu dan Toraja.

“Ada istilah di Bugis-Makassar, sipakatau, sipakalebbi, sipakainge, itu adalah sumber kearifan lokal, spirit. Jadi kalau ada hal-hal yang katakanlah kesalahpahaman di masyarakat, prinsip-prinsip ini yang harus diterapkan. Nah, kalau kita di Toraja Misa Kada Dipotuo Pantan Kada Dipomate, Siangga’ki’ (kita saling menghargai),” ucapnya.

Darma Lelepadang Sayangkan Nama Lakipadada di Pelataran Rujab Gubernur Diubah Bahtiar Baharuddin

“Saya tidak men-judge, kalau benar terjadi sangat disayangkan ya. Berarti tidak menghormati kearifan lokal Sulawesi Selatan,” tegas Darma.

Darma juga mencontohkan pejabat Gubernur Sulawesi Selatan sebelumnya. Di mana kata dia, pejabat Gubernur sebelumnya paham sehingga menamakan pelataran Lakipadada yang dipertahankan sebelum diubah jadi Inninawa.

“Karena dia tahu bahwa Lakipadada ini adalah sumber pemersatu leluhur suku Bugis, Makassar dan Toraja. Jadi sekali lagi saya selaku warga Toraja sangat menyayangkan jika pelataran Lakipadada diganti,” ujarnya.

Untuk diketahui, pelataran Lakipadada yang kini diubah pelataran Ininnawa telah diperkenalkan PJ Gubernur, Bahtiar Baharuddin kepada Forkopimda Bupati dan Walikota se-Sulawesi Selatan pada 15 Oktober 2023 lalu.

Dihadapan para pimpinan daerah, Bahtiar menjelaskan bahwa Ininnawa merupakan sebuah falsafah yang berasal dari kata nawa-nawa yang berarti mimpi.

“Ininnawa berasal dari kata nawa-nawa yang berarti cita-cita. Ininnawa adalah cita-cita yang baik. Maka kita berkumpul di sini artinya kita bercita-cita yang baik,” sebutnya.

Tom/ZK

5 KOMENTAR

  1. Ini PJ. Gubernur banyak Gerakan tambahannya… Kampungan sekali… Selalu mau cari panggung… Baru selalu salah Panggung … sampai Nama pelataran Rujab juga mau na Urus… itumi urus sana Pohon Pisang mu….

  2. Maaf sebelumnya
    Saya mendukung apa yg di sampaikan bpk Darma Lelepadang, bahwa kalau benar tulisan Lakipadada’ yg ada di pelataran rujab Tana Toraja di ganti dgn tulisan lain berarti itu tindakan semena mena dan tdk menghargai org Toraja pada umumnya. Lagi pula tulisan yg di pasang PJ gubernur bukan bahasa dr daerah lain yg org Toraja tdk mengerti apa artinya, kenapa bukan bahasa daerah setempat yaitu Bahasa Toraja….saya anak Toraja merasa tersinggung dan itu tindakan yg sangat fatal bg sy

  3. Harusnya ada dialog ke tokoh masyarakat dan sejarawan kita…. biar ga berpolemik sebelum d ganti/copot….. dengan pertanyaan….kenapa tulusan ini ada dan mengapa bunyinya seperti ini….

  4. Perubahan fundamental dibutuhkan masyarakat sulsel misalnya peningkatan taraf hidup dan ruang kerja yang terbuka lebar. Bukan mengubah nama tanpa tahu history nya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Duta GenRe Kota Parepare Dapat Tiket Nasional Usai Raih Prestasi Juara 1 di Tingkat Provinsi

ZONAKATA, MAKASSAR - Dua duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Parepare berhasil meraih prestasi gemilang pada malam puncak Apresiasi Duta...

Berita Lain