fbpx
27 C
Makassar
Rabu, 6 Juli 2022

Virus Corona Meningkat, Kini Prokes 3M Tak Cukup, Harusnya 5M

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – JAKARTA Virus Corona jenis baru berasal dari Inggris yang telah menyebar di beberapa negara membuat Epidemiolog Griffith Australia, Dicky Budiman angkat bicara.

“Terus terang kondisi harus jujur. Situasi indonesia saat ini potensi mutasi. Tapi, apa yang ditemukan di Inggris memberi sinyal sangat serius kita tak bisa mengabaikan upaya pengendalian ini. Dia bisa mutasi, infeksi orang,” kata Dicky Budiman seperti yang dilansir CNBC Indonesia, Senin (4/1).

Meski begitu, kabar baiknya adalah virus jenis baru ini tidak menyebabkan keparahan. Namun, mudah menginfeksi dengan tingkat mencapai tiga kali. Artinya, beban di fasilitas kesehatan akan semakin besar.

“Orang sakit akan lebih banyak. Apalagi orang yang punya komorbid. Ini adalah virus yang sama, menyebabkan virus yang sama. Artinya yang berubah, kode genetik. Yang harus dilakukan, disadari tidak bisa melakukan standar pencegahan biasa-biasa saja. Lebih ketat, lebih efektif,” katanya.

Dia menyarankan, patuhi dan perketat protokol kesehatan. Bahkan, upaya 3M menurutnya sudah ketinggalan jaman. Sebaiknya dibuat menjadi 5 M. Yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, membatasi mobilitas dan interaksi hingga menjauhi kerumunan.

“Kalau ini tidak cukup, membatasi interaksi diperkuat dengan PSBB. Saat ini saya harap semua masyarakat bisa menerapkan. Dan pemerintah penguatan surveilans, di pelabuhan, di komunitas, prospektif surveilans diperketat, terutama dari negara punya strain baru ini”. Tegasnya.**

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Hadir Di Dusun Dunia Digital, TS Channel Ajak Peserta Jadi Volunteer Inforkom Gereja Toraja

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Dusun Dunia Digital menjadi kelas paling seru di Pertemuan Raya (Praya) XI Persekutuan Pemuda Gereja...

Berita Lain

- Advertisement -