fbpx

Caleg Gerindra Tana Toraja Meninggal, KPU: Tidak Bisa Diganti Calon Baru

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Salah satu calon legislatif dari Partai Gerindra Tana Toraja, Agustinus Pasambe’ meninggal dunia, Senin (20/11/2023).

Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPU Tana Toraja, Rahmat Hidayat mengatakan apabila ada caleg yang meninggal dunia usai ditetapkan sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) maka tidak dapat diganti dengan calon yang baru.

Rahmat menjelaskan, tahapan pencalonan sudah selesai dilakukan oleh KPU melalui penetapan DCT. Bahkan KPU telah mengumumkan rekapitulasi DCT anggota DPRD Tana Toraja Pemilu 2024, pada 3 November 2023 lalu.

“Iya sudah tidak bisa lagi diganti, nanti sisa diumumkan di TPS bahwa caleg ini telah meninggal,” kata Rahmat.

Dikatakan, adapun aturan ini berdasarkan PKPU nomor 10 tahun 2023 tentang pencalonan anggota DPR, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota.

“Bahwa batas akhir pengajuan calon pengganti itu di tanggal 3 Oktober 2023. Apabila ada calon yang meninggal dunia setelah penetapan DCT maka KPU membatalkan calon yang bersangkutan di DCT,” papar Rahmat, Senin (20/11/2023).

Dia menegaskan, caleg yang meninggal dunia tidak dihilangkan dalam kolom surat suara berdasarkan Peraturan Komisi Peraturan Umum (PKPU) tersebut.

“Kemudian ketika surat suara sudah di cetak maka petugas KPPS mengumumkan di tempat pemungutan suara bahwa calon tersebut sudah meninggal,” sambungnya.

Untuk diketahui, Agustinus Pasambe’ meninggal dunia akibat penyakit jantung. Ia menghembuskan nafas terakhir di salah satu rumah sakit di Surabaya sekitar pukul 04.30 Wita, Senin (20/11/2023).

Agustinus Pasambe adalah caleg Gerindra Tana Toraja nomor urut 1 di daerah pemilihan (Dapil) 6 Tana Toraja yang meliputi Kecamatan Sangalla, Sangalla Selatan, Sangalla Utara, dan Makale Utara.

Tom/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

IKA Unhas Sambut Kunjungan Pj Gubernur Prof Zudan Arif di Sulsel

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Pengurus Pusat Ikatan Keluarga Alumni (IKA) Universitas Hasanuddin turut hadir menyambut kehadiran Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi...

Berita Lain