fbpx

Atasi Anak Putus Sekolah Enrekang Dengan Inovasi ‘Pasti Beraksi’

Populer

spot_img

ZONAKATA, ENREKANG — Kerjasama antara Pemprov Sulsel, Pemda Enrekang, UNICEF dan Lembaga Pemberdayaan Perempuan (LPP) Bone berkolaborasi dalam upaya menangani anak putus sekolah di Kabupaten Enrekang.

Hal ini ditunjukkan dengan digelarnya Orientasi dan Bimbingan Teknis Pendataan bagi Pendata Program PASTI BERAKSI (Penanganan Anak Tidak Sekolah Berbasis Kolaborasi). Kegiatan ini berlangsung di Aula Dinas Pendidikan, 11-12 Januari 2023.

Penanggung jawab program Andi Fatmawati Sulolipu menjelaskan, Pasti Beraksi merupakan inovasi yang diharapkan sebagai salah satu solusi untuk mengatasi anak putus sekolah.

“Kegiatan ini digelar untuk mendapatkan persamaan persepsi, konsep, dan strategi percepatan penanganan anak tidak bersekolah,” katanya.

Kegiatan ini diikuti sekira 50 peserta dari stakeholder terkait. Mereka akan bergerak utamanya di 4 desa model yang sebelumnya di-SK-kan Bupati. Dalam orientasi dan bimtek ini, hadir perwakilan Bupati dalam hal ini Asisten 3, Bappelitbangda, Diknas, DPMD, Dinsos, Diskominfo, Baznas, Kepala Sekolah, UNIMEN, Bank Sulselbar, pendamping desa dan operator program.

“Operator dan pendamping ini diharapkan mampu menguasai SIPMB. Akan terdata anak tidak bersekolah by name and by address,” ungkapnya.

Sementara itu, Asisten 3 Pemda Enrekang Mursalim Bagenda mengungkapkan, anak tidak bersekolah di Enrekang dilatarbelakangi sejumlah faktor. Diantaranya tidak mampu, memang tidak mau, akses jauh, hingga menikah dini.

“Ini persoalan yang kompleks sehingga butuh intervensi lintas sektor. Bukan hanya Dinas Pendidikan. Karena itu Penda Enrekang sangat mendukung PASTI BERAKSI ini,” ucap Mursalim. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

733 Pantarlih Pilkada Tana Toraja 2024 Dilantik

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Sebanyak 733 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) dilantik KPU Tana Toraja melalui Panitia Pemungutan Suara...

Berita Lain