fbpx
26.6 C
Makassar
Rabu, 1 Desember 2021

Anggota Dewan Komisioner OJK Ikut Promosikan Pariwisata Toraja Lewat THF 2021

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Republik Indonesia bersama Bank Indonesia bekerjasama dengan Masyarakat Sadar Wisata (Masata) dan Geopark Toraja gelar event Toraja Highland Festival (THF) tahun 2021.

Opening ceremony THF dirangkaikan dengan Bulan Inklusi Keuangan tahun 2021 di Misiliana Hotel Kecamatan Kesu, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (4/10) malam.

Kegiatan akan digelar selama tujuh hari mulai tanggal 4-10 Oktober 2020 di Hotel Misiliana dan Lapangan Bakti Rantepao dengan memamerkan produk UMKM dan lomba.

Terlihat pejabat OJK dan BI hadir diantaranya Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia Tirta Segara, Kepala OJK Regional 6 Sulawesi, Maluku, Papua (Sulampua) Moh. Nurdin Subandi, Deputi Kepala Bank Indonesia Provinsi Sulsel Fadjar Majardi dan Kepala Kantor Wilayah Ditjen Perbendaharaan Provinis Sulsel, Syaiful.

Sekretaris Provinsi Sulawesi Selatan Abdul Hayat Gani dan Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris juga hadir:

- ADS -

Sementara beberapa kepala daerah juga terlihat yaitu Walikota Parepare Taufan Pawe, Bupati Bone H. A Fahsar M. Padjalangi, Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi, Wakil Bupati Gowa H Abd Rauf Malaganni dan Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong.

Anggota Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan Republik Indonesia, Tirta Segara dalam sambutannya secara langsung menyampaikan meski masih ditengah pandemi Covid-19, Ia bersyukur masih diberi kesempatan dan memberi apresiasi kepada Gubernur, Sekprov, Bupati dan Wakil Bupati di Sulsel sehingga kontribusi bersama dapat menggairahkan kembali pariwisata.

“Kita harap kondisi pariwisata Indonesia segera pulih dan UMKM nasional segera bangkit, Kemenparekraf mengatakan kunci utama bagi pelaku pariwisata bertahan di tengah pandemi yaitu melakukan adaptasi, inovasi dan kolaborasi,” ucapnya.

Menurut Tirta Segara, pandemi Covid-19 membuka pola pengusaha dan juga masyarakat termasuk trend pola pariwisata. Para pelaku pariwisata memanfaatkan teknologi dalam mendukung virtual tourism.

Tirta mengakui baru pertama kali ke Toraja Utara dan bersyukur bisa mengunjungi destinasi diwaktu terbatas dan telah mengunjungi Negeri Diatas Awan Lolai diakui pemandangannya spektakuler serta melihat secara langsung upacara adat Rambu Solo di Lolai.

“Rasa syukur kami terasa, karena kami bukan hanya tamu tapi juga anggota keluarga di Toraja, pertama kali kesini saya sangat takjub dengan keindahan alam serta keramahan masyarakatnya dan kuliner serta kopi yang tidak ada tandingan, ungkapnya.

Pejabat tinggi OJK RI itu akui merasa berutang ke keluarga di kampung halamannya jika tidak memboyong keluarga liburan ke Toraja dan Ia akan membawa dilain waktu.

“Saya harus ikut promosikan pariwata Toraja ini setelah saya dikunjungi, bukan hanya menumbuhkan perekonomian daerah tapi juga sangat penting mengukuhkan persatuan,” ucap Tirta.

Dia juga percaya adat dipelihara di Toraja dengan baik dan nilai leluhur dipelihara sehingga dapat memperkuat kesatuan dan persatuan NKRI. Saling menghargai dan menghormati dan wajib melihat serta merasakan keramahan dan kuliner Toraja.

“Kami miliki keyakinan bahwa untuk bangkitkan kembali pariwisata dan akleriasi roda perekonomian perluasan akses keuangan masyarakat dan pertumbuhan di dunia pariwisata dan UMKM harus mendorong industri perbankan untuk penyaluran kredit atau pembiayaan,” tutup Tirta.

Open ceremony Toraja Highland Festival dan Bulan Inklusi Keuangan tahun 2021 ditandai dengan penaguhan gendang oleh Tirta Segara disaksikan pejabat OJK RI dan BI, Pemkab Toraja Utara dan tamu undangan. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -