fbpx
26 C
Makassar
Rabu, 1 Desember 2021

23 Pemuda Terpilih Ikuti Pelatihan Toraja Youth Leadership Camp Batch 2 Pesta Kesenian Toraja

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Center For Indonesia Leadership kembali mengadakan Toraja Youth Leadership Camp Batch ke 2 ala Mini Lemhannas di Kampus 1 Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja Kecamatan Makale pada tanggal 22-23 Oktober 2021.

Pelatihan tersebut lanjutan dari Toraja Leadership Batch 1 yang telah sukses dilaksanakan pada tanggal 23-25 Juli 2021 di kampus 1 UKI Toraja yang merupakan rangkaian dari Pesta Kesenian Toraja.

Toraja Youth Leadership Camp merupakan pelatihan yang ditujukan untuk menumbuhkan semangat perubahan, aktif, energik, penuh spirit, visioner, pekerja keras serta mempunyai nilai positif bagi kemajuan bangsa bagi kalangan generasi muda Toraja.

Selain itu ditujukan dalam menyiapkan generasi muda Toraja yang berkualitas dan visioner sehingga lebih siap dalam mengisi berbagai posisi kepemimpinan dan generasi muda Toraja akan mampu menjadi agen perubahan di masa yang akan datang.

Toraja Youth Leadership Camp Batch 2 dibuka oleh Rektor UKI Toraja, Dr. Oktavianus Pasoloran yang dilaksanakan secara Hybrid dan seluruh peserta hadir namun, tetap menerapkan protokol CHSE yang ketat sedangkan beberapa narasumber menyampaikan materi secara virtual melalui zoom meeting.

- ADS -

Pembicara zoom meeting yaitu Rektor Universitas Pelita Harapan Dr Jonathan Limbong Parapak, M.Eng, Sc, Tokoh Masyarakat Toraja Irjen Pol (Purn) Drs. Mathius Salempang, Tenaga Profesional Bidang Kepemimpinan Lemhanas RI, M Brigjen TNI (Pur) Dr. Paula Theresia, Dandim 1414 Tana Toraja Letkol Inf. Amril Hairuman Tehupelasury, Tenaga Ahli Pengkaji Bidang IPTEK Lemhannas RI, Dr. Yulianus Pongtularan, S.E.,M.Ed, Rektor Universitas Kristen Indonesia Toraja, Dr. Oktavianus Pasoloran, SE., M.Si., Ak, Pendeta Gereja Toraja, Dr. Pdt. Johana R. Tangirerung dan Ketua Umum DPP Masata yang juga inisiator Toraja Leadership Camp, Panca Sarungu,S.E., MM., CTE.

Panca R. Sarungu mengatakan kegiatan dilaksanakan kedua kalinya setelah pertama kali digelar bulan Juli, hadir memberi kesempatan kepada pemuda-pemudi terbaik dilatih oleh para mentor yang luar biasa.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak mendukung kegiatan ini terutama pihak yang memberikan fasilitasi tempat pelatihan,” ucapnya dalam rilis, Jumat (29/10).

Wakil Bupati Toraja Utara, Frederik Victor Palimbong mengatakan salah satu sumber daya menjadi kekuatan besar bagi bangsa Indonesia adalah sumber daya manusia, salah satunya para pemuda-pemudi.

“Generasi muda perlu kita berikan kesempatan lebih luas untuk mengembangkan diri dan saya mendukung penuh kegiatan ini agar memicu keinginan pemuda (i) di Toraja agar lebih aktif dalam merencanakan perubahan yang besar untuk Toraja,” terang Frederik.

Sementara Brigjen TNI (Pur) Dr. Paula Theresia mengatakan bersyukur dapat bersama-sama pemuda Toraja berdiskusi bagaimana membangun Toraja, sebab saat ini menjadi panggilan untuk membangkitkan ekonomi bangsa.

“Saya melihat anak-anak yang ada di Toraja secara umum sangat cerdas dan kreatif, maka dengan itu saya ingin membangun sebuah komitmen bersama bagaimana cara membangun bangsa yang tentunya dengan semangat dan kerja keras,” ujar Paula.

Dr. Yulianus Pongtularan, S.E., M.Ed menuturkan jika Toraja punya potensi yang luar biasa baik Sumber Daya Masyarakat (SDM) maupun alam, tetapi bagaimana mengelola SDM dan potensi menjadi kekayaan dan kemajuan bangsa Toraja.

“Generasi muda Toraja adalah tulang punggung pemerintah untuk majunya negara dan bangsa Indonesia,” ungkap Yulianus.

Sementara Lily Ameliar Salurapa sebagai Sekretaris Djendral Toraja Tourism Board menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bagian dari acara Pesta Kesenian Toraja yang memiliki rangkaian kegiatan seperti Kunjungan Duta Besar Negara Sahabat ke Toraja, Toraja Coffe Farmer Seminar dan Bimbingan Teknis Homestay Tongkonan.

Lanjut Lily juga Senator DPD RI asal Sulawesi Selatan itu menambahkan bahwa puncak acara Pesta Kesenian Toraja akan digelar minggu ketiga bulan November 2021 yang rencananya akan dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, B.B.A., M.B.A.

Dirangkaikan acara Road to ToraJAZZ, Sentra Vaksinasi Pekerja Parekraf Toraja dan Pagelaran Seni Budaya dan Ekonomi Kreatif. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -