fbpx

Warga Demo Soal Sampah, Bupati Malah Ekspose Kinerja 3 Tahun

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Bupati Toraja Utara Kalatiku Paembonan bersama OPD melakukan konfrensi pers terkait capaian pembangunan KABORO dalam tiga tahun masa pemerintahan mereka.

Kegiatan tersebut diadakan di Objek Wisata Kete Kesu dengan mengundang sejumlah awak media yang bertugas di Toraja, Kamis (16/5).

Dalam kesempatan itu salah satu awak media menanyakan soal permasalahan penangan sampah yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan warga Toraja Utara.

Menanggapi hal tersebut, Kalatiku mengatakan saat ini Pemda Toraja Utara sudah menemukan solusinya yakni memanfaatkan TPA Rantebua yang dulunya sempat digunakan pada masa pemerintahan sebelumnya.

“Kita sudah menemukan solusinya dengan menggunakan bekas TPA Rantebua selama 5 bulan kedepan karena mengingat TPA Karua belum dapat difungsikan,” ungkap Kalatiku.

Sementara itu, diwaktu yang bersamaan sekelompok warga dan mahasiswa melakukan aksi unjuk rasa menolak aksi pembuangan sampah di lokasi pembuangan Dusun Kambutu, Lembang Rantebua, Kecamatan Rantebua.

Warga dan mahasiswa beralasan bahwa pembuangan sampah di Kambutu ini bisa membawa dampak lingkungan dan gangguan kesehatan bagi warga setempat. Apalagi lokasi pembuangan sampah itu dekat dengan pemukiman dan rumah ibadah.

Masyarakat juga menuntut keadilan, karena dijadikannya wilayah mereka sebagai tempat pembuangan sampah merupakan suatu bentuk ketidakadilan bagi masyarakat Rantebua.

Sekedar diketahui, Kalatiku mengekspos sejumlah capaian kinerja Pemerintah Daerah Toraja Utara selama 3 tahun masa kepemimpinannya.

Diantaranya peningkatan kunjungan wisatawan dari tahun 2016 – 2018 sejumlah 735 ribu pengunjung. Prestasi pengelolaan keuangan daerah yang diberikan WTP sejak tahun 2016, 2017 dan 2018.

Dalam pembangunan infrastruktur, realisasinya seperti jalan tani 65 KM, jalan desa 209 KM, jalan kabupaten 14 KM, jembatan desa 25 unit, jembatan kabupaten 206 M, Drainase 2,2 KM, Irigasi 38 KM, Rumah susu 1 unit, penataan pemukiman dan jalan lingkunag 38 KM, program kotaku 4,5 Ha, pembangunan SPHC Tank, MCK, dan IPAL sebanyak 128 unit, Spam 76 unit, Pamsimas 49 unit dan Pasar 9 Unit.

ajhie

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Longsor di Pangra’ta Makale Selatan, 3 Meninggal, 1 Belum Ditemukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Pangra’ta, Lembang (Desa) Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Tana...

Berita Lain