fbpx
31 C
Makassar
Jumat, 20 Mei 2022

Wagub Minta Dinas Terkait Serius Tangani Gizi Buruk dan Stunting di Sulsel

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – MAKASSAR Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, memimpin rapat koordinasi bersama antara Dinas Sosial dengan Dinas Kesehatan Provinsi Sulsel.

Rapat yang dilaksanakan diaula Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (15/1) membahas upaya penurunan gizi buruk dan stunting di Sulawesi Selatan.

Andi Sudirman dalam rapat itu menekankan pentingnya sinergitas antara Dinas Sosial dan Dinas Kesehatan untuk mempercepat penurunan angka gizi buruk dan stunting di Sulsel.

Adapun upaya penanganan akan dilakukan di 7 kabupaten yang masuk dalam zona kritikal terkait jumlah gizi buruk dan stunting, di antaranya Kabupaten Bone, Pangkep, Enrekang, Tana Toraja, Toraja Utara, Maros dan Sinjai.

Wagub mengatakan untuk tahun ini, melalui APBD perubahan akan fokus dulu pada 2 kabupaten yang dianggap kritis, yakni kabupaten Enrekang dan Bone.

“Dalam mengoptimalisasi pelaksanaan program pada tahun 2019 ini akan ada upaya penambahan anggaran sebesar Rp 10 miliar per tahun untuk menekan angka gizi buruk dan stunting di Sulawesi Selatan. Saya berharap penanganan gizi buruk dan stunting di Sulsel dapat berjalan efektif,” jelas Andi Sudirman.

- ADS -

Untuk itu dirinya berharap OPD terkait dengan penanganan ini harus proaktif untuk menyelesaikan persoalan sesuai dengan kewenangannya masing-masing.

Kepala Dinas Sosial Provinsi Sulsel, Ilham A Gazaling mengaku, pihaknya siap untuk bersinergi dengan OPD terkait dalam upaya menurunkan angka gizi buruk dan stunting didaerah ini.

Sementara itu Kepala Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinas Kesehan Sulsel, Astati Amin mengatakan jika pihak dinas telah melakukan beberapa upaya dalam menekan angka gizi buruk dan stunting.

Salah satunya dengan membentuk Gerakan Masyarakat Peduli Stunting (Gempita) yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat agar peduli pada angka penurunan gizi dan stunting. (*)

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Glow Rossa Hangatkan Dinginnya Buntu Burake di Toraja Carnaval 2022

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Dinginnya malam di objek Wisata Religi Patung Yesus, Buntu Burake seketika berubah menjadi kehangatan saat...

Berita Lain

- Advertisement -