fbpx

Viral! Warga Sakit di Bau Tana Toraja Ditandu Sejauh 13 KM Menuju Puskesmas

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Pemenuhan infrastruktur dasar bagi masyarakat Lembang (Desa) Bau, Kecamatan Bonggakaradeng, Tana Toraja masih sangat minim.

Seperti warga di Dusun Loka. Pada Kamis (20/10/2022) malam, seorang kakek yang sakit terpaksa ditandu menuju Puskesmas yang berada di Kecamatan.

Hal ini terjadi lantaran kendaraan belum bisa mengakses wilayah-wilayah terpencil yang berada di seberang sungai.

Viral! Warga Sakit di Bau Tana Toraja Ditandu Sejauh 13 KM Menuju Puskesmas

“Kami tandu ke jembatan, karena kendaraan cuma bisa sampai di jembatan,” kata Kepala Lembang Bau, Karman Loda, SH via seluler Jumat sore.

Tak sampai disitu, perjalanan menuju puskesmas juga membutuhkan waktu yang lama. Jarak tempuh sekitar 13 kilometer, karena akses jalan yang sangat ekstrim.

“Kami tempuh selama 2-3 jam, sekira 13 kilometer karena jalan yang sangat ekstrim, masih tanah,” ucapnya.

Menurut Karman, warga sakit ditandu menuju puskesmas ini bukan kali pertama terjadi. Bahkan kata dia, ada warga yang meninggal saat dalam perjalanan.

“Sudah sering terjadi pak, karena memang di seberang sungai itu pemukiman warga,” ungkapnya.

Dari kondisi ini, Karman dan warga berharap adanya perbaikan akses jalan menuju Desa Bau. Kemudian tersedianya fasilitas jembatan yang dapat dilalui kendaraan, khusunya mobil.

“Kita harap akses jalan dari Buakayu-Bau diperbaiki, kemudian jembatan di Meppajang semoga segera terealisasi karena di seberang sungai itu ada fasilitas umum, sekolah serta rumah ibadah,” paparnya.(*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Badan Adhoc untuk Pilkada 2024 Bakal Direkrut Ulang

ZONAKATA.COM - JAKARTA Menghadapi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Komisi Pemilihan Umum (KPU) bakal merekrut ulang petugas badan adhoc.Badan adhoc...

Berita Lain