fbpx
25 C
Makassar
Sabtu, 2 Juli 2022

Terkait Mapongka, Mantan Bupati, JA Situru di Periksa Kajati Sulsel

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Mantan Bupati Tana Toraja Periode 2000-2010 Johanis Amping Situru, memenuhi undangan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulsel untuk memberikan keterangan di Kantor Kejaksaan Tana Toraja, Rabu 5 Agustus 2020.

Kehadiran JA Situru sebagai saksi atas alih fungsi lahan yang terjadi di kawasan Hutan Mapongka. Saat itu disebut jika ada sertifikat yang terbit di masa jabatannya. Namun menurut JA Situru bahwa saat itu ia dua kali menyurati pihak BPN/ATR.

“Saya dua kali menyurati BPN untuk tidak menerbitkan sertifikat di kawasan itu karena lokasi itu merupakan kawasan hutan. Masing-masing Tahun 2005 dan 2007,” ungkap Amping kepada awak media.

Mantan Bupati Tana Toraja dua periode itu diperiksa kurang lebih tiga jam. Ia mengaku kaget setelah mengetahui ada beberapa sertifikat muncul di kawasan Hutan Produksi Terbatas (HPT) Mapongka dan dimiliki oleh warga.

“Seharusnya kawasan Mapongka menjadi hutan lestari. Kasus ini harus diproses hingga tuntas apalagi disekitar kawasan itu ada aset negara,” tutur JA Situru.

Untuk diketahui, selain Johanis Amping Situru ada 50 orang lainnya yang akan diperiksa terkait kasus Mapongka ini.

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Aksi Stop Stunting Door to Door, Edukasi Orang Tua Balita Cek Tumbuh Kembang Anak

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Tumbuh kembang anak menjadi fokus intervensi bagi tim pendamping gizi Aksi Stop Stunting Pemprov Sulsel. khususnya...

Berita Lain

- Advertisement -