fbpx
26 C
Makassar
Senin, 28 November 2022

‘Tuah’ Koalisi Demokrat-PKPI Teruji, Usungan di Pilkada Tana Toraja Kembali Menang

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Partai Demokrat dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mungkin bisa disebut sebagai koalisi partai yang selalu membawa keberuntungan bagi paslon yang mengendarainya. Pasalnya setiap calon yang diusung koalisi ini pasti memenangkan Pilkada.

Koalisi Demokrat-PKPI pertama terjadi saat Pilkada secara langsung pertama kali digelar pada tahun 2005 lalu. Bersama PPD, koalisi Demokrat-PKP mengusung pasangan Johanis Amping Situru-A.Palino Popang. Saat itu Amping-Popang meraih 32 persen suara dan unggul atas pasangan Deka Paranoan-Yohanis T. Tandipayuk dan 4 paslon lainnya.

Pada Pilkada 2010 Partai Demokrat dan PKPI tidak berkoalisi. Kala itu Demokrat berkoalisi dengan Partai Republikan yang mengusung pasangan Victor Datuan Batara-Rosina Palloan sedangkan PKPI bersama PDIP, Gerindra dan sejumlah partai lainnya mengusung Nicodemus Biringkanae-Kendek Rante.

Baik Partai Demokrat maupun PKPI ketika itu gagal memenangkan jagoannya masing masing. Pilkada 2010 itu sendiri, berhasil dimenangkan pasangan Theofilus Allorerung-Adelheid Sosang yang diusung oleh Partai Golkar.

Koalisi kedua Partai Demokrat dan PKPI terjadi pada Pilkada 2015. Dimana koalisi ini mengusung Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara dan berhasil menumbangkan petahana Theofilus Allorerung yang saat itu berpasangan dengan Yohanis Lintin Paembongan serta pasangan dr.Zadrak Tombeg-Jeane Tandirerung.

- ADS -

Kini di Pilkada 2020, Koalisi Partai Demokrat-PKPI bersama Partai Gerindra mengusung pasangan Theofilus Allorerung-dr.Zadrak Tombeq. Tuah koalisi Demokrat-PKPI kembali terbukti, dimana pasangan Theo-Zadrak menumbangkan petahana Nicodemus Biringkanae-Victor Datuan Batara serta Albertus Patarru-John Diplomasi.

redaksi

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Pemetaan TPS, KPU Tana Toraja Libatkan Lurah dan Kepala Lembang

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA KPU Tana Toraja menggelar rapat koordinasi terkait pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu Tahun 2024...

Berita Lain

- Advertisement -