fbpx

Survei Tasming Tertinggi, Acuan PKS Beri Rekomendasi di Pilkada Parepare

Populer

spot_img

ZONAKATA, PAREPARE – Survei internal Partai Keadilan Sejahtera (PKS) calon Wali Kota Parepare 2024 menyebut Tasming Hamid (TSM) tertinggi dibanding kandidat lainnya.

Juru bicara (Jubir) PKS Parepare Sappe menyampaikan bahwa salah satu variable yang membuat PKS memberikan rekomendasi usungan calon wali kota Parepare kepada Tasming Hamid karena memiliki hasil survei Tertinggi.

Sampel hasil survei Pilkada Parepare diambil pada bulan Mei 2024 menunjukkan Tasming Hamid diangka 56,5%, Erna Taufan 10,9%, Faisal Andi Sapada 8,2%, Muhammad Zaini 6,5%, Rahmat Sjamsu Alam 5,4%, Taqyuddin Djabbar 3,3%, Hermanto 2,2%, Erna Durahman 1,6%, Yasser Latief 1,1%.

Survei yang dilakukan bersama tim independen menegaskan bahwa 43.4% Responden tidak akan merubah pilihannya. Ini menunjukkan masyarakat memberikan kepercayaan yang tinggi kepada Tasming Hamid untuk melanjutkan kepemimpinan di kursi Wali Kota Parepare di Pilkada 2024, setelah 10 duduk di kursi DPRD Parepare.

“Artinya, masyarakat kita menginginkan Tasming Hamid memimpin Parepare ke depan. PKS ingin menang bersama masyarakat. Dua kali pilkada sebelumnya kita selalu kalah, kali ini kita harus menang,” urai anggota DPRD Parepare terpilih ini.

Jadi sebelumnya, lanjut Sappe, setelah dilakukan fit and propertest atau uji kelayakan di DPW PKS Sulsel kepada kandidat yang mendaftar di PKS, Selanjutnya dilakukan survei. Selain itu melihat rekam jejak para kandidat serta pengalaman yang dimiliki. Kemudian visi misinya bila terpilih sebagai wali Kota Parepare.

“Dari sekian banyak variabel inilah diputuskan dalam pleno bahwa PKS memberikan rekomendasi calon wali kota usungan PKS kepada Tasming Hamid,” ujar nelayan yang sempat viral ini saat bertemu Anies Baswedan

Senada disampaikan Sekretaris Partai NasDem Parepare Yasser Latief bahwa, hasil survei PKS itu selaras dengan hasil survei tiga lembaga survei yakni CRC, JSI, dan LSI.

“Jadi survei PKS itu, hampir sama dengan tiga lembaga survei yang telah presentase kepada kami Tim TSM,” kata Ketua Fraksi NasDem Parepare ini.

Hasil survei tiga lembaga survei itu semuanya menunjukkan diangka hampir 60 persen. “Kita sangat syukuri animo dukungan masyarakat bahkan tokoh masyarakat kepada Tasming Hamid begitu tinggi. Kemarin tokoh masyarakat H Syamsul Latanro (HSL) deklarasi dukungan penuh kepada kakak TSM,” Tambah YL akronim nama Yasser Latief.

Hingga kini, tambahnya lagi, Tasming Hamid merupakan kandidat pertama dan satu-satunya yang telah mengantongi rekomendasi yang cukup untuk mendaftar di KPU. Dibandingkan kandidat lainnya masih berupa surat tugas dari partai.

Tasming secara resmi telah mengantongi dua rekomendasi partai, yakni, partai NasDem dengan perolehan 3 kursi Parlemen dan PKS miliki 2 kursi.

Diketahui bahwa, syarat partai mengajukan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Parepare adalah minimal 20 persen suara atau 5 kursi Parlemen baik partai tunggal maupun koalisi. Persentase suara itu berdasarkan pemilu legislatif terbaru atau pemilu Februari 2024 kemarin. (*)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Mahasiswa KKN Unhas Bareng Pemkot Parepare dan TNI, Polri Gelar Kerja Bakti untuk Cegah Stunting

ZONAKATA, PAREPARE - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Gelombang 112 Universitas Hasanuddin (Unhas) berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Parepare, Babinsa,...

Berita Lain