fbpx

Seorang Wanita di Tana Toraja Halangi Alat Berat PT Malea : Ini Tanah Leluhur Kami

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Pemandangan ironis terjadi saat seorang wanita menghalangi alat berat milik perusahaan PT Malea Energi yang memasuki tanah adat Tongkonan Bua’ Puru di Rano Utara, Kecamatan Rano, Tana Toraja beberapa waktu lalu.

Wanita itu bernama Masinna Embong Bulan, yang merupakan salah satu ahli waris tanah Tongkonan Bua’ Puru.

Diketahui, PT Malea Energi akan membangun tower listrik bertegangan tinggi di areal tanah Tongkonan milik warga tersebut.

Dalam video yang beredar, terlihat Massina sedang menghadang alat berat milik PT Malea Energi yang memasuki areal tanah Tongkonan.

Bahkan Masinna menghentikan aktivitas pembangunan tower itu seorang diri.

Dia juga terlihat meneriaki operator alat berat untuk segera berhenti namun tidak digubris.

Sehingga Masinna nekat menaiki alat berat yang sedang beraktivitas dan memarahi operator alat berat.

“Tidak boleh, jangan diteruskan pekerjaan. Ini tanah Tongkonan leluhur kami,” teriak Marsinna dalam video viral tersebut.

Sementara, salah satu ahli waris Tongkonan, Helka Rerung mengungkapkan, pembangunan tower listrik yang dilakukan PT Malea Energi sudah menyalahi aturan adat.

Pasalnya kata dia, pembangunan tower listrik tersebut tanpa sepengetahuan ahli waris rumpun Tongkonan Bua’ Puru.

“Jadi yang dalam video itu juga salah satu ahli waris tanah Tongkonan Bua’ Puru bernama Masinna Embong Bulan,” kata Helka di Makale, Kamis (5/10/2023).

“Memang kami ahli waris Tongkonan dan warga Desa Rano Utara kecewa perlakuan
PT Malea yang membangun tower di areal tanah adat kami,” ungkapnya.

Menurut Helka, adanya pembangunan tower bertegangan tinggi itu akan mengganggu eksistensi rumah adat Tongkonan dan beberapa peninggalan sejarah nenek moyang warga Desa Rano Utara.

“Ini kan tanah adat tidak boleh dimasuki sembarang, harus ada persetujuan ahli waris tanah Tongkonan dan pemuka adat. Ini tiba-tiba langsung ada aktvitas tanpa sepengetahuan kami, wajar kalau warga dan ahli waris tanah adat marah,” ucapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Duta GenRe Kota Parepare Dapat Tiket Nasional Usai Raih Prestasi Juara 1 di Tingkat Provinsi

ZONAKATA, MAKASSAR - Dua duta Generasi Berencana (GenRe) Kota Parepare berhasil meraih prestasi gemilang pada malam puncak Apresiasi Duta...

Berita Lain