fbpx

PT CEM Sebut Telah Miliki Izin Tambang di Lembang Sandana

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Komisi III DPRD Tana Toraja kembali menerima aspirasi dari Aliansi Masyarakat Tolak Tambang (AT2) di Ruang Komisi III, Kamis (20/5). Aspirasi tersebut sebagai bentuk tindak lanjut dari demo AT2 yang menolak tambang di Lembang Sasak, Sandana dan Lembang Bau.

Mereka pun menyambangi gedung DPRD karena menganggap kesepakatan AT2 dengan pihak dewan saat melakukan demo beberapa waktu lalu terkesan berjalan lamban. Sementara desakan warga sudah tidak terbendung lagi.

“Kami meminta Kementrian ESDM RI untuk mencabut izin usaha pertambangan PT CEM dan PT TII dan juga menuntut pembuatan Perda inisiatif DPRD tentang Masyarakat Wilayah Adat,” kata koordinator AT2 Reskiyanto Ponglangi.

Hadir dalam audiens dengan Komisi III DPRD Tana Toraja, Zet Misalayuk selaku Direktur Operasional PT. Christina Expi Mining (CEM). Ia mengatakan jika pihaknya sudah mengantongi keputusan Gubernur Sulsel terkait persetujuan peningkatan izin usaha Pertambangan eksplorasi menjadi izin usaha Pertambangan operasi produksi Galena DMP tahun 2019

Misalayuk juga mengklaim telah memiliki ijin tambang seluas 3.200 ha di Lembang Sandana sesuai persetujuan ijin usaha tambang dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Bidang Penyelenggaraan Pelayanan Perizinan Provinsi Sulawesi Selatan, sesuai keputusan Gubenur Sulsel No 1/I.03g/PTSP/2019.

“Berdasarkan ijin dari Provinsi Sulsel tentu menjadi dasar dan landasan legalitas PT CEM dalam melakukan aktivitas tambang di Lembang Sandana.” Tutup Misalayuk

Sementara itu dari hasil pertemuan tersebut Komisi III DPRD Tana Toraja merekomendasikan sejumlah hal diantaranya meminta kepada Pemerintah Daerah agar tidak mengeluarkan ijin usaha tambang, izin Amdal, izin UPL/UKL karena pengelolahan lingkungan hidup dianggap sudah meresahkan masyarakat.

Selain itu Komisi III juga merekomendasikan kepada pihak PT.CEM dan PT.TII untuk tidak melakukan esploitasi, sebelum adanya kesepakatan antara tokoh masyarakat, Aliansi Toraja Tolak Tambang (AT3), Pemda dan DPRD Tana Toraja.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Longsor di Pangra’ta Makale Selatan, 3 Meninggal, 1 Belum Ditemukan

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA  Bencana tanah longsor juga terjadi di Dusun Pangra’ta, Lembang (Desa) Randanbatu, Kecamatan Makale Selatan, Tana...

Berita Lain