Kamis, Januari 28, 2021

Produk Kain Sarita Toraja Sabet Penghargaan SIDDHAKARYA Tingkat Provinsi

Terkait

Wagub Sulsel Resmikan 26 Unit Hunian Tetap untuk Korban Banjir Lutra

ZONAKATA.COM - MAKASSAR Sebanyak 26 unit donasi hunian tetap untuk korban banjir Kabupaten Luwu Utara diresmikan oleh Wakil Gubernur...
- ADS -

ZONAKATA.COM – MAKASSAR Untuk mendorong peningkatan produktivitas di kalangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi telah melakukan seleksi kinerja UMKM dalam rangka penghargaan produktivitas, baik di tingkat daerah maupun di tingkat nasional.

Penghargaan produktivitas tingkat provinsi dengan nama “SIDDHAKARYA” diserahkan oleh Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman, Rabu (2/12) di Hotel D’Maleo, Makassar.

Pemberian penghargaan produktivitas sebagai salah satu upaya Pemprov Sulsel untuk mendorong gerakan peningkatan produktivitas secara terus menerus dan berkesinambungan khususnya di kalangan dunia usaha mikro, kecil dan menengah sebagai kunci terciptanya kesejahteraan masyarakat.

“Dengan tingginya produktivitas dunia usaha mikro, kecil dan menengah, akan menyerap lapangan pekerjaan lebih banyak lagi, sekaligus mengurangi pengangguran di Sulsel. Kita ketahui UMKM selalu survive meski tengah dihantam krisis,” kata Wagub Andi Sudirman saat memberikan sambutan.

Penganugerahan Produktivitas SIDDHAKARYA Tahun 2020 ini diikuti oleh hampir semua UMKM di Sulsel namun hanya 6 pemenang untuk tingkat provinsi. Seleksi ini dilakukan selama 3 bulan dengan menilai dan melihat semua kualitas, kuantitas produk, penyerapan tenaga kerja, kelengkapan administrasi perijinan, kreatifitas dan inovasi produk serta strategi pemasarannya.

Keenam pemenang itu yakni Toraja dengan kain Sarita Toraja, Kue Pia dari Bone, Palopo dengan aneka kue dari bahan sagu, rumput laut dari Takalar, jahe merah dan gula aren dari Makassar. Untuk Toraja yang berhasil meraih penghargaan adalah YKRIS KRISTAR yang memproduksi kain Sarita merek Katokkon.

Pemilik usaha produk kain Sarita Toraja ini adalah Merda Mangajun. Kain Tertua di Dunia dan merupakan warisan budaya dunia (world heritage). Teknik pengerjaan Sarita dilakukan dengan cara manual yaitu stensil tumbuk bukan teknik membatik. Diketahui kain Sarita lebih tua dari Batik dari Jawa.

Pemilik usaha produk kain Sarita Toraja ini adalah Merda Mangajun

Usai menyerahkan penghargaan, Wagub Andi Sudirman berharap ada dari ke 6 UMKM pemenang ini yang akan mewakili Sulsel Ke tingkat nasional. Dimana penghargaan untuk tingkat nasional itu akan diberikan langsung oleh Presiden Jokowi di Istana Negara pada Tahun 2021 yang akan datang.

“Siapapun pemenang dari Sulsel yang masuk ke Istana Negara, nantinya akan diberikan bantuan sebesar Rp.10 Miliar dari Pemprov Sulsel”. Janji Andi Sudirman.

📷 KL (istimewa)

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Pasangan Ombas-Dedy Resmi Ditetapkan KPU Sebagai Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara Terpilih

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang-Frederik Victor Palimbong (Ombas-Dedy) ditetapkan sebagai...

Berita Lain

- Advertisement -