fbpx

Pileg 2024, Menguji Ketangguhan Partai Golkar di Dapil 2 Tana Toraja

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Daerah Pemilihan (Dapil) Tana Toraja 2 yang meliputi Kecamatan Mengkendek dan Gandangbatu Sillanan selalu menjadi basis suara bagi Partai Golkar.

Pasalnya dari pemilu ke pemilu, dapil 2 selalu menjadi lumbung suara bagi Partai Golongan Karya (Golkar) dan selalu meraih dua kursi. Seperti pada Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 lalu, Partai Golkar meraih 2 kursi.

Partai Golkar meraih dua kursi dari 7 kursi yang tersedia. Dari 29.191 suara sah didapil 2, Partai Golkar meraih 7.977 suara. Disusul PDI Perjuangan 5.504 suara, PKPI 3.293 suara, Nasdem 2.637 suara, Partai Berkarya 2.032 suara, Gerindra 1.978 dan Perindo 1.918 suara.

Dibawah kendali Victor Datuan Batara (VDB), Partai Golkar optimis mampu berbuat banyak pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang, khususnya didapil 2 Tana Toraja. Dua anggota legislatif dari dapil itu, meraih suara yang cukup signifikan pada pileg lalu.

Kendek Rante meraih 2.652 suara sedang Nikodemus Mangera meraih 2.283 suara. Keduanya pun menjadi peraih suara terbanyak pertama dan kedua dari dapil itu. Jika nantinya VDB juga ikut menjadi caleg, maka target 2 kursi didapil 2 bukan hal yang mustahil.

Apalagi dua partai yang meraih kursi dari dapil itu yakni PKPI dan Partai Berkarya sudah tidak lagi menjadi peserta pemilu pada Pileg 2024 nanti, maka peluang Partai Golkar untuk mengulang kesuksesan seperti pemilu-pemilu sebelumnya terbuka lebar.

Meski begitu sejumlah parpol lainnya juga mengincar dua kursi didapil 2, seperti PDI Perjuangan, Nasdem dan Partai Gerindra. Belum lagi Partai Demokrat, PAN, Perindo dan PSI juga menargetkan meraih kursi dari dapil itu.

Tantangan ini akan menjadi ujian berat bagi Partai Golkar. Jika nantinya VDB selaku Ketua DPD II Partai Golkar Tana Toraja salah dalam menempatkan caleg-calegnya maka untuk mengulang kesuksesan dengan meraih dua kursi dari dapil 2 akan pupus.

Untuk diketahui 7 kursi dari dapil 2 yang meliputi Kecamatan Mengkendek dan Gandangbatu Sillanan hasil Pileg 2019 lalu masing-masing diraih Partai Golkar (2 kursi), PDI Perjuangan, Nasdem, Gerindra, PKPI dan Partai Berkarya.*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TSM Resmikan Posko Induk HSL Special Force’s

ZONAKATA, PAREPARE – Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid (TSM) hadir dan meresmikan langsung Posko Induk HSL Special...

Berita Lain