fbpx
23 C
Makassar
Selasa, 15 Juni 2021

Peringatan Hari Lahir Pancasila, Ini Kata Ketua PDI Perjuangan Tana Toraja

Populer

- ADS -

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Hari ini merupakan hari yang sangat bersejarah dalam sejarah perjalanan Bangsa Indonesia. Tepat 76 tahun yang lalu, Bung Karno menyampaikan gagasannya tentang dasar negara Indonesia merdeka yang digali dari tradisi dan kearifan bangsa Indonesia.

Dimana pada 1 Juni 1945 dicetuskannya Pancasila oleh Presiden pertama RI, dalam sidang Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) sehingga setiap 1 Juni ditetapkan sebagai Hari Panncasila. Meski pada tahun 1970, rezim Orde Baru sempat melarang peringatan hari lahirnya Pancasila sebagai upaya desoekarnoisasi.

Namun pada 1 Juni 2016 Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani Keppres No. 24 yang menetapkan 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Kini 1 Juni telah ditetapkan sebagai hari libur nasional mulai tahun 2017.

Menurut Ketua DPC PDI Perjuangan Tana Toraja, Yohanis Lintin Paembongan, Indonesia sangat beruntung memiliki Pancasila yang digali oleh para pendiri negara. Dengan kekuatan Pancasila, Indonesia tetap satu meski terdiri dari berbagai agama, suku bangsa, dan adat istiadat.

Meski diperingati di tengah keterbatasan pandemi Covid-19. Namun dikatakan hal itu tidak akan mengurangi makna Pancasila sebagai nilai-nilai luhur dan juga landasan berbangsa dan bernegara.

Dimana kata Wakil Ketua DPRD Tana Toraja ini, bahwa pandemi itu adalah sebuah kondisi yang menguji daya juang kita sebagai bangsa, dimana harus ada pengorbanan, kedisiplinan, kepatuhan dan ketenangan sehingga pandemi ini dapat berlalu.

“Meski pandemi Covid-19 belum usai, namun melalui peringatan hari lahir Pancasila ini kita harus tetap semangat untuk bersatu, bahu-membahu dan bergotong-royong. Nilai luhur Pancasila adalah warisan dari pendahulu kita dan hendaknya selalu diterapkan dalam kehidupan kita sehari-hari. Selamat hari lahir Pancasila,” Pungkasnya.

Untuk diketahui upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan pagi tadi secara virtual kombinasi yang terpusat di Gedung Pancasila, Jakarta. Pada peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini mengangkat tema “Pancasila dalam Tindakan, Bersatu untuk Indonesia Tangguh

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

1 KOMENTAR

  1. I as a nomadic child fully support with the hope that hopefully under his leadership bring a lot of progress in the land of Toraja ..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Pemilu Presiden dan Legislatif Digelar 28 Februari, Pilkada Serentak 27 November 2024, Belum Final?

ZONAKATA.COM - JAKARTA Komisi II DPR bersama pemerintah dan penyelenggara pemilihan umum telah menyepakati hari pemungutan suara Pemilihan Umum...

Berita Lain

- Advertisement -