fbpx

Pemkot Parepare Jajaki Kerjasama Niaga dengan PT Meratus Line

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – PAREPARE Pemerintah Kota Parepare melalui Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu menjajaki kerjasama dengan PT Meratus Line.

Hal itu dilakukan guna mendukung kembalinya kejayaan Parepare sebagai pusat niaga khususnya yang bergerak dari sekor kepelabuhanan.

Pertemuan dengan PT Meratus Line dihadiri sejumlah pejabat OPD terkait seperti Asisten Bidang Ekonomi, Pembangunan dan beberapa kepala SKPD seperti Kepala Dinas Perdagangan, Kepala Bagian Ekonomi dan SDA, Kepala Dinas Perhubungan, dan GM PT Pelindo Parepare serta jajaran PT Meratus Line.

Kerjasama Pemerintah Kota Parepare dengan PT Meratus Line sebab, PT Meratus Line akan beroperasi di kota Parepare.

Asisten II Bidang Ekonomi Pembangunan, Andi Ardian mengatakan, pertemuan antara pemkot Parepare dengan Meratus Line dilakukan di Surabaya, pada Selasa 20 Februari lalu.

“Ini kami baru menjajaki, melalui pertemuan dengan pihak Meratus di Surabaya beberapa waktu lalu,” katanya. (26/2/2024).

Ardian mengungkap, tim survey dari Meratus Line pun sudah turun ke Parepare untuk meninjau langsung pelabuhan Cappa Ujung yang menjadi sarana untuk dijadikan sebagai arus industri cargo produk hasil bumi.

“Mereka sudah turun ke Parepare dan disampaikan bahwa pelabuhan kami cukup memadai untuk industri kargo,” jelasnya.

Namun demikian, lanjut dia, Pemkot sebatas fasilitator untuk memudahkan investasi masuk ke Parepare.

Menurutnya, industri kargo dikembalikan ke Parepare, setelah sebelumnya pernah eksis, agar komoditas produksi hasil bumi dari wilayah daerah tetangga, tidak lagi harus ke Makassar.

“Inj juga membantu pengusaha hasil bumi kita dari wilayah Ajatappareng dan Sulbar, dalam hal memangkas biaya produksi mereka,” jelasnya.

PT Meratus Group merupakan integrator maritim dan logistik terkemuka di Indonesia hingga Asia Tenggara. Berdiri dan terus berkembang sejak tahun 1957 yang saat ini telah memiliki kurang lebih 33 rute di Seluruh Indonesia.

Perusahaan Meratus Line menyediakan layanan angkutan laut dan logistik, dengan fokus utama pada pengiriman kontainer, kargo curah, dan kargo umum di wilayah Indonesia dan internasional. Meratus Line telah menjadi salah satu pemeran utama dalam industri pelayaran di Indonesia.

Sebelumnya, Penjabat Wali Kota Parepare Akbar Ali menyampaikan keinginan dan harapannya untuk mengembalikan kejayaan Parepare sebagai kota niaga melalui sektor Pelabuhan, khususnya kapal kargo.

“Kami harap kapal kargo bisa masuk, karena Pelabuhan Parepare saat ini cukup sibuk. Pelabuhan ini menjadi salah satu gerbang keluar masuk orang dan barang di Indonesia Timur,” katanya.

Akbar Ali mengharapkan dukungan Pemerintah Provinsi dalam hal ini Penjabat Gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat untuk mendukung optimalisasi Pelabuhan Parepare.

Akbar menjelaskan, dengan infrastruktur kepelabuhanan yang memadai, akan menjadikan Parepare semakin berkembang pesat dan akan menjadi lokomotif ekonomi di Indonesia Timur.

“Dengan pelayanan kepelabuhanan yang lebih baik maka Pelabuhan Parepare akan mengambil posisi yang strategis sehingga menjadi pilihan utama bagi masyarakat,” jelasnya.

Pelabuhan Parepare merupakan salah satu pelabuhan yang cukup sibuk lalu lintas kapalnya karena menjadi salah satu gerbang kedatangan berbagai jenis kapal seperti kapal Pelni, kapal-kapal barang dan kapal-kapal rakyat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Andi Sudirman Ngopi dan Diskusi Bareng Ketua Umum GMKI Jefri Gultom

ZONAKATA.COM - MAKASSAR  Gubernur Sulsel periode 2021-2023, Andi Sudirman Sulaiman bertemu dengan Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen...

Berita Lain