fbpx

Pemerintah Toraja Utara Akan Merelokasi Warga Terdampak Longsor di Buntao

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM — TORAJA UTARA   Pasca bencana tanah longsor yang terjadi di Kelurahan Tallang Sura, Kecamatan Buntao, Toraja Utara, pemerintah setempat berencana akan merelokasi korban terdampak.

Hal tersebut diungkapkan Sekretaris Daerah (Sekda) Toraja Utara, Salvius Pasang, Sabtu (11/5/2024). Salvius mengatakan Pemerintah Toraja Utara akan mengupayakan untuk merelokasi korban terdampak bencana alam tanah longsor.

“Pemerintah akan mengupayakan tempat. Jadi sesuai kearifan lokal kita, kalau mereka memiliki tanah ditempat lain yang lebih aman maka kita akan kasih bantuan untuk mendirikan rumah,” kata Salvius saat ditemui dilokasi pengungsi.

Salvius menambahkan untuk alternatif lainnya jika warga yang terdampak tidak memiliki tanah pribadi maka pemerintah daerah akan berkoordinasi dengan pemerintah setempat atau tokoh adat untuk mencarikan lokasi.

Pemerintah Toraja Utara Akan Merelokasi Warga Terdampak Longsor di Buntao
Nampak rumah yang rusak parah akibat diterjang material longsor

“Jika tidak memiliki tanah pribadi kita coba minta tanah Tongkonan. Dengan berkoordinasi dengan pemerintah, tokoh adat dan tokoh masyarakat setempat untuk menfasilitasi memberikan tanah lalu kita bangunkan rumah,” bebernya.

Selain akan merelokasi korban terdampak longsor, pemerintah Toraja Utara juga akan melakukan pelebaran jalan untuk jalur alternatif yang menghubungkan Kelurahan Tallang Sura dengan Lembang Rantebua, Kecamatan Buntao.

“Iya, tadi kami telah melewati jalur alternatif itu. Tinggal bagaimana jalur alternatif itu kita lebarkan sehingga kendaraan roda 4 dapat berpapasan,” pungkasnya.

D e v/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

KPU Toraja Utara Luncurkan Tahapan dan ‘Upe’ Sebagai Maskot Pilkada 2024

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara mengelar peluncuran tahapan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati...

Berita Lain