fbpx
26 C
Makassar
Kamis, 2 Desember 2021

Pantau Vaksinasi di Art Centre Rantepao, Sandiaga: Awal Kebangkitan Pemulihan Ekonomi Pariwisata

Populer

Plt Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Diakhir hari kunjungannya di wilayah Toraja, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI, Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri memantau seruan vaksinasi massal di halaman Art Centre Kecamatan Rantepao, Toraja Utara, Sulawesi Selatan, Senin (22/11).

Bupati Toraja Utara, Yohanis Bassang menyambut kehadiran Sandiaga Uno dan rombongan mendampingi sekaligus memantau vaksinasi dan melihat produk hasil para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Yohanis Bassang disapa Ombas melaporkan capaian vaksin dosis pertama di Toraja Utara sudah mencapai 61 persen, yang menargetkan tuntas 70 persen di bulan Desember 2021 mendatang.

“Saya laporkan Pak Menteri bahwa kami sebagai pemerintah daerah sangat terbantu atas kehadiran TNI-Polri terlibat dalam penanganan vaksinasi sehingga membuat kami terpacu,” ujarnya.

Lanjut Ombas, kesuksesan vaksinasi tidak terlepas bantuan TNI-Polri, yang berkolaborasi dengan tenaga kesehatan (Nakes) dan dibantu jajaran Forkopimda.

Menanggapi itu, Sandiaga Uno mengapresiasi kinerja Pemkab Toraja Utara berkolaborasi dengan TNI-Polri atas usaha dalam mewujudkan capaian target vaksinasi yang sudah diangka 61 persen, tidak jauh beda dengan capaian nasional yang sudah diangka 64 persen.

“Semoga ini bisa menopang Sulsel yang terlihat masih tertinggal dari nasional, Toraja Utara sudah liding dan kita harap ini adalah sinyal kebangkitan kepulihan ekonomi kita jika vaksinasi dan protokol kesehatan dilakukan bersama, maka ekonomi bangkit lapangan kerja terbuka masyarakat sejahtera,” ujarnya.

- ADS -

Lanjut Sandiaga, sesuai arahan Presiden Jokowi bahwa untuk antisipasi gelombang tiga dan varian baru yang dapat terpicu di libur natal dan tahun baru seperti tahun sebelumnya, maka dilakukan mitigasi dan eliminasi sehingga diterapkan pemberlakuan level 3 pada bulan Desember 2021 mendatang.

“Saya tahu ini terasa berat bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, tapi ini kebutuhan harus dilakukan dan kebijakan diterapkan agar kita terhindar dari peningkatan penyebaran Covid-19,” tambahnya.

Sandiaga Uno berpesan kepada pemerintah daerah dan jajaran Forkopimda Toraja Utara agar perlu bergerak cepat mengerakkan bantuan ke masyarakat, karena turunnya aktivitas ekonomi berdampak pada pendapatan warganya sebagai destinasi unggulan.

Sehingga perlu mempersiapkan diri untuk kepulihan ekonomi, pembukaan lapangan kerja bagi pariwisata dan ekonomi kreatif.

Khsusus bagi para Nakes, Sandiaga harap bantuan atau penghargaan segi staycation dan stimulus sehingga harus tepat sasaran, tepat waktu dan tepat manfaat.

“Untuk Ibu Lily pastikan disini kalau ada hotel kosong dan ada Nakes kelelahan agar segera disentuh staycation,” tutupnya sebelum mengisi dengan pantun.

Turut hadir kunjungan Menparekraf RI ke lokasi seruan vaksinasi Art Centre Rantepao yakni Anggota DPD RI Dapil Sulawesi Selatan, Lily Amelia Salurapa dan Anggota DPRD Provinsi Sulawesi Selatan, Firmina Tallulembang. (*)

Ris/ZK

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang
- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

DLH Sidak 10 Tambang Galian C Ilegal yang diduga Punya Sokongan Aparat

ZONAKATA.COM - TORAJA UTARA Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Toraja Utara akhirnya tunjukkan taringnya dengan melakukan penegakan kepada 10...

Berita Lain

- Advertisement -