fbpx

Mendagri Tito Karnavian Beri Penghargaan Bergengsi untuk Kota Parepare di Hari Otonomi Daerah

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – MAKASSAR Wali Kota Parepare, Sulawesi Selatan (Sulsel) Taufan Pawe meraih penghargaan bergengsi dari Kementerian Dalam Negeri. Penghargaan tersebut diberikan langsung Kementerian Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian pada Upacara Peringatan Hari Otonomi Daerah, di Anjungan Pantai Losari, Sabtu (29/4/2023).

Penghargaan itu diraih setelah Pemkota Parepare menjadi kategori Pemerintah Daerah Berkinerja Tertinggi Secara Nasional Berdasarkan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022.

Mendagri Tito Karnavian Beri Penghargaan Bergengsi untuk Kota Parepare di Hari Otonomi Daerah

Hanya 23 kepala daerah yang menerima penghargaan bergengsi tersebut diantaranya, tiga kepala daerah Provinsi, 10 kepala daerah Kabupaten, dan 10 kepala daerah Kota. Untuk Sulsel, hanyak Kota Parepare dan Makassar yang meraih penghargaan tersebut.

“Penghargaan ini harus menjadi motivasi, semangat kita, untuk terus dapat melaksankan tugas sesuai dengan sistem pemerintahan otonomi daerah yang ada,” kata Mendagri Tito Karnavian.

Tito meminta, kepala daerah yang belum meraih penghargaan, agar menjadikan momentum ini untuk intropeksi diri agar lebih semangat meningkatkan kinerja sesuai aturan otonomi daerah.

“Kita harus muhasabah diri, bagaimana kepala daerah itu berprestasi. Karena ujung akhir otonomi daerah itu kemandirian fiskal. Ditandai dengan PAD lebih banyak dari pada transfer pusat. Sehingga daerah mampu membiayai daerahya sendiri tanpa harus bergantung terus kepada pemerintah pusat,” ungkapnya.

Sementara Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengutarakan, penghargaan ini menambah koleksi penghargaan dirinya dengan total 239 penghargaan. Baik diterima secara regional, nasional, dan internasional.

“Alhamdulilah jelang akhir masa jabatan saya, kami kembali meraih penghargaan yang sangat membanggakan dari bapak Mendagri terikait kinerja kita sebagai pelayan masyarakat,” ujarnya.

Wali Kota Parepare dua periode ini menjelaskan, penghargaan Berkinerja Tertinggi secara nasional Berdasarkan Hasil Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (EPPD) Tahun 2022 dari Mendagri ini, tak lepas dari peran ASN Pemkot Parepare yang menerapkan prinsip ASN dalam bekerja.

“Saya selalu berpegang teguh kepada tiga prinsip, bahwa ASN itu adalah abdi negara, abdi masyarakat, dan abdi pemerintah. Hakikatnya kita adalah sebagai pelayan masyarakat. Untuk mencapai kesejahteraan dan kemajuan daerah, kerja-kerja kita harus berintegritas,” pungkasnya.

Diketahui, penghargaan Berkinerja Tertinggi secara nasional dari Mendagri untuk pemerintah kota diantaranya Kota Parapare, Makassar, Semarang, Surabaya, Surakarta, Bogor, Denpasar, Serang, Tanggerang, dan Medan.

Pemerintah daerah kabupaten yakni Banyuwangi, Sumedang, Badung, Karanganyar, Sidoarjo, Kulon Progo, Wonogiri, Hulu Sungai selatan, Konawe, dan Bojonegoro.

Sedangkan untuk Pemerintah Daerah Provinsi yang juga mendapatkan penghargaan yakni Jawa Tengah, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.(kifli)

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Terima Rekomendasi Surat Tugas DPP Demokrat, TQ Akan Perkuat Konsolidasi

ZONAKATA, PAREPARE - Calon Wali Kota Parepare, Taqyuddin Djabbar (TQ), secara langsung menerima rekomendasi surat tugas sebagai untuk Pilkada...

Berita Lain