fbpx

Melalui PPS, KPU Toraja Utara Buka Penerimaan Pantarlih Pemilu 2024

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Toraja Utara membuka lowongan kerja perekrutan tenaga badan Adhoc Panitia Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) Pemilu 2024.

Hal itu dilakukan setelah KPU Toraja Utara merekrut badan Adhoc sebanyak 105 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dari 21 kecamatan dan 453 anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) tingkat lembang/kelurahan se kabupaten.

Pengumuman perekrutan tenaga Pantarlih telah diumumkan KPU melalui PPK dan PPS dengan memasang pengumuman di kantor kelurahan masing-masing dan menyebarkan informasi.

Anggota KPU Toraja Utara Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM, Anshar Tangkesalu menjelaskan pengumuman perekrutan mulai dilakukan sejak Kamis (26/1) lalu dan akan berakhir pada Selasa (31/1) mendatang.

“Masa kerja Pantarlih tidak sampai dua bulan, mereka yang terpilih akan bertugas mulai tanggal 6 Februari 2023 sampai 15 Maret 2023,” ujarnya, Sabtu (28/1).

Lanjut Anshar, PPK dan PPS di wilayahnya ditugaskan masing-masing untuk mencari calon Pantarlih yang siap bekerja serius untuk sama-sama menyuksekan tahapan Pemilu Serentak 2024.

Menurutnya, Pantarlih sebagai salah satu ujung tombak KPU Toraja Utara, karena berperan aktif dalam pemutakhiran data Pemilu, khususnya pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Pantarlih dibentuk oleh PPS yang berkedudukan di lingkungan wilayah Tempat Pemungutan Suara (TPS), jumlah yang diterima sesuai total TPS di kelurahan/lembang tersebut,” terang Anshar.

Terkait honor Pantarlih, KPU Toraja Utara umumkan Rp. 1 juta per bulan dan akan bertugas membantu PPS untuk melaksanakan pemutakhiran data pemilih selama sebulan lebih.

Kata Anshar, tahapan perekrutan Pantarlih diatur dalam Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 tahun 2022 tentang Pemilihan Umum.

Tahapan dan jadwal seleksi Pantarlih sebagai berikut:

  1. Pengumuman Pendaftaran Calon Pantarlih, 26-28 Januari 2023
  2. Penerimaan Pendaftaran Calon Pantarlih, 26-31 Januari 2023
  3. Penelitian Administrasi Calon Pantarlih, 27 Januari – 2 Februari 2023
  4. Pengumuman Hasil Seleksi Calon Pantarlih, 3-5 Februari 2023
  5. Penetapan Nama Hasil Seleksi Pantarlih, 5 Februari 2023
  6. Pelantikan Pantarlih, 6 Februari 2023. (*)

Ris/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Tak Ingin Jadi Penonton, Hanura Bakal Dorong Kader Terbaiknya di Pilkada Enrekang

ZONAKATA.COM - ENREKANG  Jelang perhelatan Pilkada serentak pada 27 November 2024, Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Kabupaten Enrekang, tidak...

Berita Lain