fbpx
22 C
Makassar
Selasa, 28 September 2021

Mangriu’ Kayu, Tradisi Turun Temurun Warga Awan Rantekarua

Populer

- ADS -

ZONAKATA.COM – TORAJA UTARA Warga di Kecamatan Awan Rantekarua, Toraja Utara, menggelar tradisi Mangriu’ Kayu atau tarik kayu, Sabtu (11/9).

Mangriu’ kayu merupakan salah satu rangkaian dalam pembangunan Tongkonan di wilayah tersebut. Selain itu menjadi ajang silaturahmi warga dalam mempererat hubungan kekeluargaannya.

Di Kecamatan Awan Rantekarua, tarik kayu ini masih dilakukan dengan cara manual. Di mana ratusan orang bergotong royong menarik kayu berukuran raksasa menggunakan tali.

Nampak ratusan warga menarik kayu dengan melintasi area persawahan yang berlumpur. Saat menarik kayu, mereka sesekali menyanyikan lagu tertentu.

Untuk mengobati rasa lelah, tak sedikit warga terlibat aksi kejar-kejaran dan saling lempar lumpur. Namun kebersamaan warga tak hanya sebatas saat menarik kayu. Setelah menarik kayu, mereka lalu berdoa dan makan bersama.

Salah satu warga, Lorens Tiranda Gessong mengatakan, tradisi tarik kayu ini sudah ada sejak ratusan tahun lalu. Namun tradisi ini tetap dipertahankan dan dilestarikan oleh masyarakat hingga saat ini.

“Gotong royong masyarakat dalam menarik kayu ini merupakan salah satu simbol dari rumah Tongkonan yang akan didirikan di Kecamatan Awan Rantekarua,” ungkap Lorens.

Toru/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Relawan RAAS Tana Toraja Siap Dukung Mantan Mentan Pimpin Bangsa

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA Relawan Andi Amran Sulaiman (RAAS) mulai terlihat dan terbentuk di beberapa daerah, termasuk wilayah...

Berita Lain

- Advertisement -