fbpx

Mahasiswa UKI Toraja Belajar Konsep Kepemimpinan Moeldoko

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Kepala Staf Kepresidenan (KSP) RI, Moeldoko membawakan kuliah umum di Universitas Kristen Indonesia (UKI) Toraja, Selasa (30/5/2023).

Kuliah umum membahas tentang leadership (kepemimpinan) dengan tema move, motivate, and make a difference. Dihadiri ribuan mahasiswa dari berbagai jurusan di UKI Toraja.

Kepada mahasiswa, Moeldoko menerangkan kombinasi kepemimpinan Militer, Bisnis, dan Sipil.

Ia menjelaskan, konsep tersebut dihasilkan dari perjalanan kepimpinanannya saat menjadi Panglima TNI 2013-2015. Kemudian menekuni dunia bisnis selepas pensiun, dan saat ini sebagai Kepala Staf Kepresidenan.

“Saya menemukan irisan penting di dalam tiga dunia ini, yakni efisiensi untuk memenangkan kompetisi dan berani untuk tak mau kalah dari yang lain,” kata Moeldoko.

Moeldoko menyebut model kepemimpinan M-Leadership berisi 3 M, yakni Move, Motivate, and Make A Difference.

Dia menjelaskan, move sebagai lompatan-lompatan penting untuk menggapai kemajuan. Kemudian, motivate untuk melawan rasa takut pada diri para pemimpin.

Sementara itu, make a difference berupa langkah-langkah inovasi yang bisa dilakukan secara nyata.

“Mengapa harus move dulu baru motivate, karena selama ini banyak pemimpin yang memotivasi tapi tidak bergerak. Bagi saya harus bergerak dulu dengan berbagai pertimbangan, baru setelah itu kita memotivasi dan membuat perbedaan,” ujarnya.

Mahasiswa UKI Toraja Belajar Konsep Kepemimpinan Moeldoko

Pemaparan dari Moeldoko ini mengundang antusias mahasiswa untuk melempar pertanyaan. Kebanyakan dari mereka bertanya bagaimana memotivasi diri, serta memimpin diri sendiri.

Sementara Rektor UKI Toraja, Oktavianus Pasoloran berharap kehadiran Moeldoko semakin memotivasi mahasiswa. Baik kata dia, dalam memimpin diri sendiri, masyarakat dan negara.

“Semoga semakin memotivasi mahasiswa dalam kepemimpinan, baik diri sendiri, di dalam masyarakat dan negara. Meski saya yakin mahasiswa UKI Toraja memiliki mental dan keberanian yang luar biasa,” ungkapnya.

Kuliah umum berlangsung kurang lebih satu jam yang dirangkaikan dengan launching Prodi Pariwisata Fakultas Ekonomi, dan pendidikan vokasi Kopi UKI Toraja.

Tom/ZK

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

TSM Resmikan Posko Induk HSL Special Force’s

ZONAKATA, PAREPARE – Bakal Calon Wali Kota Parepare, Tasming Hamid (TSM) hadir dan meresmikan langsung Posko Induk HSL Special...

Berita Lain