fbpx
26 C
Makassar
Senin, 28 November 2022

Mahasiswa KKN UKI Toraja Periksa Instalasi Listrik Sejumlah Rumah Adat di Lembang Sarapeang

Populer

Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Banyaknya kebakaran rumah yang sering terjadi karena korsleting listrik (short circuit) akibat instalasi listrik yang tidak standar.

Hal inilah menjadi alasan utama mahasiswa KKN UKI Toraja melakukan pemeriksaan instalasi listrik disejumlah rumah yang ada di Lembang Sarapeang, Kecamatan Rembon, Jumat (2/9).

“Mengantisipasi terjadi kebakaran akibat korsleting listrik menjadi alasan kami memeriksa instalasi sejumlah rumah adat,” ungkap Andarias Harpin Koordinator Posko KKN UKI Toraja di Lembang Sarapeang.

Dikatakan, memeriksa instalasi rumat adat itu merupakan ide dari Kepala Lembang Sarapeang, Hariyanto Talondong. Para mahasiswa berfokus untuk memeriksa instalasi listrik pada rumah adat Toraja untuk menyesuaikan dengan tema utama KKN nya yaitu “Tongkonan sebagai pusat Literasi“.

Diketahui pemeriksaan dan pengecekan instalasi listrik itu sesuai dengan standar PUIL 2011 yang merupakan standar wajib dalam pemasangan instalasi listrik pada perumahan penduduk.

“Pemeriksaan yang telah kami lakukan selama dua Minggu ini mencakup, pemeriksaan grounding, keamanan kabel, instalasi lampu, dan penyangga kabel,” beber Andarias.

Beberapa permasalah umum yang mereka temukan selama memeriksa di lapangan adalah Kabel Grounding (Pentanahan) tidak ada sehingga sangat berbahaya jika ada sambaran petir, dan beberapa rumah adat Toraja tidak menggunakan pipa untuk membungkus kabel yang beresiko ketika ada short circuit.

- ADS -

Menurut Weldi mahasiswa Teknik Elektro UKI Toraja, hal-hal tersebut jika dibiarkan bisa berakibat fatal. Hasil ini mereka laporkan ke aparat Lembang sehingga Kepala Lembang dengan cepat tanggap memberikan edukasi ke masyarakat.

“Saya senang dengan program KKN UKI Toraja terutama mereka yang berposko di Lembang Sarapeang, mereka dapat memberikan edukasi akan bahaya instalasi listrik yang tidak standar dan juga informasi mengenai kemanan instalasi listrik”. Kata Hariyanto.

Rls/ZK

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Pemetaan TPS, KPU Tana Toraja Libatkan Lurah dan Kepala Lembang

ZONAKATA.COM - TANA TORAJA KPU Tana Toraja menggelar rapat koordinasi terkait pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu Tahun 2024...

Berita Lain

- Advertisement -