fbpx
30 C
Makassar
Kamis, 28 Oktober 2021

Longsor Susulan Kembali Terjadi di Bittuang, Jalan Poros Nasional Makale-Mamasa Amblas

Populer

- Advertisement -Dinas Pertanian Kabupaten Tana Toraja - Salvius Pasang

ZONAKATA.COM – TANA TORAJA Akibat guyuran hujan lebat yang terjadi di wilayah Bittuang mengakibatkan wilayah longsor pada awak bulan ini kembali mengalami longsor susulan di Kampung Rotta’, Lembang Le’tek, Kecamatan Bittuang, Tana Toraja, Sabtu 4 April 2020.

Longsor susulan itu mengakibatkan jalan poros yang menghubungkan Kota Makale dengan Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat terputus total. Pasalnya jalan itu amblas sejauh 30 meter dengan kedalaman 60 meter.

“Otomatis tidak bisa dilalui oleh kendaraan karena jalan yang amblas itu cukup parah mencapai kedalaman 60 meter atau mungkin lebih,” ungkap Camat Bittuang, Andy Palloan kepada ZonaKata, Sabtu (4/4).

Namun saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan pihak PUPR Tana Toraja bersama Balai Jalan Raya Besar serta BPBD Tana Toraja akan memperbaiki jalan alternatif yang akan menghubungkan Kecamatan Bittuang dengan Masanda.

“Hari ini pihak PUPR dan Balai akan langsung bekerja memperbaiki jalan alternatif itu, sehingga akses masyarakat yang ingin ke Bittuang maupun Masanda terbuka dengan kondisi jalan yang baik, untuk dilalui” jelas Andy.

- ADS -

Menurut Andy, selain membuat jalan poros itu amblas, longsor itu juga mengancam pemukiman warga dikampung Rotta’ yang tepat berada diatas jalan yang amblas itu rawan terdampak longsor.

“Ada pemukiman warga yang tepat berada diatas jalan yang amblas itu dan sangat rawan terdampak longsor,” ungkapnya.

Untuk itu, Mantan Camat Makale Selatan ini meminta warga Kampung Rotta’ untuk sementara waktu mengungsi dari tempat itu. Karena lokasi yang dihuni saat ini sangat rawan akan terjadi longsor susulan.

- Advertisement -
- Contoh Iklan -

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

- Advertisement -

Tingkatkan Militansi, PDI Perjuangan Tana Toraja Gelar Pendidikan Kader

ZONAKATACOM - TANA TORAJA Sejumlah partai politik mulai memanaskan mesin partainya menatap pemilu 2024 . Salah satunya adalah PDI...

Berita Lain

- Advertisement -