fbpx

Kolaborasi Dengan Puluhan Kades, Dinas TPHP Bone Gagas Desa Mandiri Benih

Populer

spot_img

ZONAKATA.COM – BONE Salah satu program Kementerian Pertanian adalah desa mandiri benih dimana disetiap desa diharapkan mampu mengusahakan benih secara mandiri.

Menindaklanjuti program tersebut, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Bone langsung bergerak cepat dengan menggagas penangkaran benih padi.

Untuk tahap awal, kini sudah ada 20 desa yang siap berkolaborasi dengan Dinas TPHP.

Plt Kadis TPHP Bone, Andi Asman Sulaiman mengatakan, program desa mandiri diharapkan mampu meningkatkan ketersediaan benih petani dan mengangkat benih unggul lokal.

“Sudah ada 20 desa yang kami dorong bersinergi dengan Dinas TPHP untuk menyiapkan penangkaran benih padi unggul,” ungkap Andi Asman saat memimpin rapat koordinasi dan sinkronisasi kegiatan desa mandiri di ruang rapat Dinas TPHP, Rabu (16/2).

Terkait anggaran dalam menyiapkan penangkaran benih padi unggul ini telah disepakati minimal Rp 50 juta per desa yang bersumber dari anggaran dana desa (ADD).

“Sebagai langkah awal, kami telah sepakati minimal Rp 50 juta per desa yang bersumber dari anggaran dana desa,” sebutnya.

Ia juga menegaskan bahwa dimasa pandemi ini, sektor pertanian menjadi penopang utama pertumbuhan ekonomi daerah. Untuk itu ia mendorong dana desa dimanfaatkan untuk penguatan ketahanan pangan daerah, termasuk mendukung swasembada pangan.

“Program penangkaran benih unggul ini juga bertujuan untuk menopang program IP400 yang telah dicanangkan pemerintah,” ujar Asman.

Sementara untuk perencanaan Model Kawasan Mandiri Benih diantaranya, membuat beberapa skenario untuk mendukung GP-PTT dalam penentuan rencana lokasi Model Desa Mandiri Benih untuk masing-masing komoditas dan melakukan identifikasi keberadaan penangkar/gapoktan masing-masing lokasi, luas lahan produksi, fasilitas yang dimiliki dan lain-lain.

Kolaborasi Dengan Puluhan Kades, Dinas TPHP Bone Gagas Desa Mandiri Benih

Sedangkan Penerapan Model Desa Mandiri Benih yang direncanakan serta jumlah lokasi Model Desa Mandiri Benih untuk masing-masing komoditas minimal dua lokasi.

“Juga diperlukan koordinasi antara Puslitbang TP dan BB/Balit dengan BPTP setempat, direktorat terkait untuk implementasi model desa mandiri benih di kawasan GP-PTT. Nanti kita juga akan menggelar Bimtek untuk penguatan program ini,” pungkasnya.

Rapat koordinasi dan sinkronisasi kegiatan desa mandiri ini dihadiri Koordinator Teknis Sertifikasi Benih, Muh Takdir, Kabid TP TPHP, Ka.BPP, Kepala Desa, penyuluh pertanian serta sejumlah stakeholder lainnya.*

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Berita Terbaru

Andi Sudirman Ngopi dan Diskusi Bareng Ketua Umum GMKI Jefri Gultom

ZONAKATA.COM - MAKASSAR  Gubernur Sulsel periode 2021-2023, Andi Sudirman Sulaiman bertemu dengan Ketua Umum Pengurus Pusat Gerakan Mahasiswa Kristen...

Berita Lain